Bagikan:

JAKARTA - Bagi penggemar film pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi streaming Netflix. Jika dibandingkan dengan Disney+, Apple TV, dan aplikasi streaming lainnya, harga berlangganan Netflix memang jauh lebih mahal.

Namun, itu bisa saja sebanding dengan apa yang diberikan. Netflix banyak sekali menyediakan beragam jenis tontonan untuk para pelanggannya. Mulai dari film, dokumenter, series, semua lengkap di sana.

Tapi bisa jadi, bagi sebagian orang dengan harga mulai dari Rp54 ribu hingga Rp186 ribu per bulannya itu sangatlah memberatkan. Nah, jika Anda ada di kasus seperti ini,  Anda akan berpikir untuk membatalkan saja langganannya.

Tidak perlu khawatir, karena Netflix memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk membatalkan langganan kapan saja. Perlu diingat, jika Anda membatalkan layanan, bukan berarti akun Netflix Anda juga akan terhapus. 

Beda Membatalkan vs Menghapus Akun Netflix

Membatalkan dan Menghapus adalah dua hal yang berbeda. Membatalkan akun Netflix berarti Anda tidak dapat menonton film dan acara TV di platform tersebut. Anda juga tidak akan ditagih lagi soal biaya langganan. Namun, akun Anda akan tetap tersedia di server Netflix, dan Anda masih dapat masuk.

Di sisi lain, menghapus akun Netflix Anda berarti detail Anda dihapus dari server perusahaan. Setelah akun Anda dihapus, Anda tidak akan dapat masuk. Jika Anda ingin berlangganan Netflix di masa mendatang, Anda harus membuat akun baru.

Namun, perlu diperhatikan bahwa hanya dengan membatalkan langganan, Netflix akan menghapus akun Anda setelah sepuluh bulan. Sayangnya, tidak seperti menghapus profil Netflix Anda, penghapusan akun bukanlah proses yang cepat dan mudah.

Cara Membatalkan Langganan Netflix

Ada banyak cara untuk membatalkan langganan Anda di Netflix, salah satunya adalah dengan mengunjungi situs web resminya. Begini caranya.

  1. Kunjungi Netflix.com.
  2. Masuk ke akun Netflix.
  3. Masukkan email atau nomor ponsel.
  4. Isi password dengan benar.
  5. Klik Sign In.
  6. Setelah masuk, klik Akun Saya.
  7. Untuk membatalkan langganan Netflix, pilih Cancel Membership.
  8. Konfirmasi berhenti langganan Netflix.
  9. Jika sudah yakin, klik Finish Cancellation.

Cara Menghapus Akun Netflix Anda Setelah Membatalkan Langganan

Jika Anda ingin menghapus akun Netflix Anda setelah membatalkan langganan, ikuti langkah-langkah berikut untuk menghapus akun Anda:

  1. Hubungi dukungan Netflix dengan mengirim email ke [email protected]. Anda harus menggunakan alamat email yang sama dengan yang Anda gunakan untuk akun Netflix.
  2. Gunakan "Permintaan penghapusan akun" sebagai subjek email.

Anda mungkin harus menunggu beberapa hari sebelum mendapatkan balasan dari perusahaan. Harap diingat bahwa Netflix akan menghapus akun Anda setelah penagihan berakhir. Jika tidak, jika Anda ingin perusahaan segera menghapus akun Anda, sebutkan secara eksplisit di email Anda.