Jangan Unduh 21 Aplikasi Berbahaya Ini Jika Ingin Ponsel Anda Aman!
Ilustrasi aplikasi ( Image Credit: William Hook / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan keamanan siber, Avast kembali membeberkan laporan mengenai aplikasi berbahaya untuk pengguna smartphone. Aplikasi-aplikasi populer ini masih beredar di Play Store dan akan berbahaya bila diunduh pengguna Android.

Avast mengatakan terdapat 21 aplikasi yang harus dihindari pengguna ponsel. Rata-rata aplikasi itu adalah permainan online. Terlebih, aplikasi tersebut termasuk ke dalam keluarga HiddenAds.

HiddenAds merupakan aplikasi yang membombardir sejumlah iklan setelah pengguna menginstalnya. Fenomena yang berbahaya ini bukanlah hal baru karena sudah ada di berbagai platform perangkat lunak.

Avast pertama kali mengetahui hal tersebut saat memindai toko aplikasi Google Play Store. Tim peneliti menyadari ada sejumlah ulasan terdapat materi promosi iklan yang sama dengan 21 aplikasi HiddenAds.

Di mana aplikasi tersebut juga menarik pengguna dengan membuat iklan yang menipu. Setelahnya, mereka akan mulai menghantui pelanggan dengan lebih banyak iklan. Tidak sampai disitu, iklan juga muncul di luar aplikasi itu sendiri.

Bukan tanpa risiko, hal ini berpotensi membuat ponsel terinfeksi virus dan mengganggu penggunanya. Oleh karenanya, untuk menghindari berbagai aplikasi berbahaya, tidak cukup hanya menggunakan Google demi melindungi ponsel dari adware, ransomware, spyware, dan semua jenis trojan maupun virus lainnya.

Pengguna disarankan lebih dahulu melihat ulasan aplikasi sebelum menginstalnya. Perlu dicatat, jumlah unduhan yang banyak bukan berarti aplikasi tersebut aman. Sebaiknya, pengguna juga dengan bijak memilah-milih aplikasi yang ingin diunduh.

Untuk itu, bagi pengguna Android sebaiknya hindari men-download daftar 21 aplikasi yang berada di bawah ini, demikian dikutip dari PhoneArena, Senin 26 Oktober.

1. Shoot Them

2. Crush Car

3. Rolling Scroll

4. Helicopter Attack - New

5. Assassin Legend - 2020 New

6. Helicopter Shoot

7. Rugby Pass

8. Flying Skateboard

9. Iron it

10. Shooting Run

11. Plant Monster

12. Find Hidden

13. Find 5 Differences - 2020 New

14. Rotate Shape

15. Jump Jump

16. Find the Differences - Puzzle Game

17. Sway Man

18. Desert Against

19. Money Destroyer

20. Cream Trip - New

21. Props Rescue