Facebook Mulai Buka Pendaftaran Dana Bantuan UKM
Ilustrasi facebook (unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Facebook mulai membuka pendaftaran untuk Program Dana Bantuan UKM-nya di Indonesia. Pendaftaran program ini akan berlangsung hingga 2 November 2020 mendatang.

Bantuan ini merupakan dukungan Facebook kepada pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19. Pembukaan pendaftaran untuk UKM seluruh Indonesia ini didasari atas tingginya antusiasme dari pelaku UKM di Indonesia.

"Melihat antusiasme yang tinggi dari pelaku UKM di Indonesia, Facebook membuka pendaftaran untuk Program Dana Bantuan UKM-nya ke seluruh wilayah Indonesia mulai hari ini hingga 2 November 2020," tulis Facebook dalam pengumumannya, Sabtu, 24 Oktober.

Facebook menyebut, program dana bantuan UKM ini tersedia bagi pelaku UKM yang memenuhi persyaratan dan terdaftar di Indonesia. Selain Indonesia, Facebook berkomitmen untuk memberikan bantuan kepada maksimum 30.000 bisnis kecil yang memenuhi syarat di lebih dari 30 negara.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelaku bisnis UKM antara lain memiliki 2-50 karyawan, telah beroperasi selama lebih dari satu tahun dan terdampak COVID-19. Perlu diingat pelaku bisnis UKM harus bertempat tinggal di negara yang berlokasi sama dengan wilayah operasional Facebook.

Setelah mengisi formulir, ada beberapa berkas perlu disediakan untuk menerima dana bantuan UKM dari Facebook antara lain, Akta Pendirian Entitas Bisnis, Akta Perubahan Terakhir (Lampirkan hanya jika ada perubahan pada struktur jajaran direktur terkait status Anda sebagai pendaftar) dari entitas bisnis dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) atau Nomor Induk Berusaha (NIB) dari entitas bisnis UKM.

Untuk informasi lebih lanjut, pelaku bisnis bisa mencarinya di laman Facebook for business atau bisa juga mengklik tautan berikut INI.

Facebook sendiri memang telah menyediakan bantuan dalam bentuk uang tunai dan kredit iklan dengan nilai 100 juta dolar AS atau setara Rp1,4 triliun untuk mendukung bisnis UKM yang terdampak COVID-19 di seluruh dunia.

Program bantuan dana ini bisa dimanfaatkan antara lain untuk memastikan tenaga kerja di sektor UKM tetap bisa bekerja dengan baik, meringankan biaya sewa dan operasional, terhubung dengan lebih banyak pelanggan, serta mendukung komunitas.

Dalam melakukan peninjauan pendaftar yang masuk, menyeleksi UKM, dan mendistribusikan dana bantuan kepada UKM terpilih Facebook bermitra dengan Deloitte Consulting dan Goodera.