11 Fitur Baru iOS 16 yang Mengubah Cara Anda Gunakan iPhone
Apple membawa pembaruan terbesar yang pernah ada untuk Lock Screen. (foto; dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Hari ini dalam hajatan tahunan terbesar Apple, WWDC 2022 versi terbaru dari iOS 16 diperkenalkan ke publik. Perusahaan membawa banyak peningkatan dan fitur sebagai cara baru pengguna menggunakan iPhone mereka.

Apple membawa pembaruan terbesar yang pernah ada untuk Lock Screen, fitur berbagi, komunikasi, dan kecerdasan baru yang bersama-sama mengubah cara pengguna menikmati iPhone.

Untuk iOS 16 juga memperkenalkan iCloud Shared Photo Library untuk berbagi koleksi foto dengan keluarga secara mulus, pembaruan Messages dan Mail yang membantu pengguna tetap terhubung dengan mudah, dan peningkatan yang kuat untuk Live Text dan Visual Look Up.

Sebagai informasi, Apple belum merilis iOS 16 secara resmi, beta publik iOS 16 akan diluncurkan pada Juli mendatang dan peluncuran sepenuhnya kemungkinan akan terjadi antara September dan Oktober.

Mengutip laman resmi Apple, Selasa, 7 Juni, berikut detail peningkatan dan fitur baru di iOS 16.

Lock Screen Baru

iOS 16 sepenuhnya mendesain ulang layar kunci, menggeser notifikasi ke bagian bawah layar untuk menyisakan lebih banyak ruang untuk foto. Di sini, untuk pertama kalinya Widget mendapatkan dukungan, memungkinkan pengguna menampilkan cuaca, janji temu kalender, atau status baterai AirPods di layar tanpa harus membuka kunci ponsel terlebih dahulu.

Pengguna juga dapat memilih font dan warna untuk waktu dan tanggal, dengan beberapa efek kedalaman cerdas yang memungkinkan subjek foto layar kunci ponsel sedikit tumpang tindih dengan grafik. Filter foto internal secara otomatis mengubah font saat pengguna menggeser, untuk cara cepat memberikan ponsel tampilan yang lebih unik.

Lock Screen juga sekarang berfungsi dengan fitur Focus, memungkinkan pengguna mengatur layar kunci yang berbeda berdasarkan apakah mereka sedang bekerja, bepergian, atau duduk di rumah.

Aplikasi yang dulu membombardir dengan banyak notifikasi sekarang dapat menggunakan Live Activities untuk menempatkan satu notifikasi/widget hybrid yang diperbarui secara otomatis di layar kunci iPhone.

Pembaruan untuk Messages

Pengguna dapat mengedit atau mengingat pesan yang baru dikirim, memulihkan pesan yang baru dihapus, dan menandai percakapan sebagai belum dibaca sehingga mereka dapat kembali lagi nanti.

Selain itu, SharePlay akan hadir di Messages, memungkinkan pengguna untuk menikmati konten yang disinkronkan seperti film atau lagu dan kontrol pemutaran bersama sambil mengobrol di Messages.

Alat Baru untuk Mail

Sekarang pengguna dapat menjadwalkan email sebelumnya dan bahkan diberikan waktu untuk membatalkan pengiriman pesan sebelum mencapai kotak masuk penerima. Mail mendeteksi jika pengguna lupa menyertakan bagian penting dari pesan mereka, seperti lampiran.

Pengguna juga memiliki opsi untuk memunculkan kembali pesan kapan saja dan kapan saja dengan Remind Later, dan saran Follow Up secara otomatis mengingatkan pengguna untuk menindaklanjuti email jika mereka belum menerima tanggapan.

Mail juga menyertakan perombakan terbesar untuk pencarian, dan menggunakan teknik canggih untuk memberikan hasil yang lebih relevan, akurat, dan lengkap. Pengguna melihat email, kontak, dokumen, dan tautan terbaru saat mereka mulai mencari email.

Live Text dan Visual Look Up

Kali ini Apple menghadirkan Live Text menggunakan kecerdasan pada perangkat untuk mengenali teks dalam gambar di seluruh iOS, dan sekarang diperluas untuk menyertakan video.

Pengguna dapat menjeda video pada bingkai apa pun dan berinteraksi dengan teks. Live Text juga menambahkan kemampuan bagi pengguna untuk dengan cepat mengonversi mata uang, menerjemahkan teks, dan banyak lagi.

Sementara, Visual Look Up dapat mengambil foto lebih jauh dengan memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengetuk dan menahan subjek gambar untuk mengangkatnya dari latar belakang dan menempatkannya di aplikasi seperti Messages. Visual Look Up juga diperluas untuk mengenali objek hewan seperti burung, serangga, hingga patung.

Berbagi Foto dengan Mudah

Berbagi foto dengan anggota keluarga menjadi jauh lebih sederhana di iOS 16. Alih-alih berbagi foto atau album satu per satu, kini pengguna dapat memiliki satu iCloud Shared Photo Library dan lebih tinggi untuk memberikan akun iCloud lain yang berkontribusi.

Setelah diatur, pengguna dapat memilih foto secara manual dari rol kamera, atau menggunakan saran cerdas yang mengenali wajah untuk merekomendasikan foto yang mungkin ingin dilihat orang lain. Semua anggota perpustakaan foto bersama memiliki izin yang sama, sehingga pengeditan, favorit, dan penghapusan disinkronkan di semua perangkat.

Apple Wallet Jadi Lebih Pintar

Penduduk Maryland dan Arizona akan senang mengetahui bahwa Apple Wallet sekarang mendukung lisensi mengemudi negara bagian mereka. Apple mengatakan 11 negara bagian lainnya akan segera hadir, dan dapat digunakan dalam aplikasi tanpa membagikan info tanggal lahir tertentu. Tetapi hanya jika pengguna sudah cukup umur secara hukum untuk membeli barang yang diinginkan.

Tap-to-pay juga akan hadir di AS, memungkinkan usaha kecil menerima pembayaran di ponsel cerdas mereka tanpa harus membeli perangkat keras khusus untuk membaca kartu.

Lebih lanjut, kunci digital sekarang lebih mudah untuk dibagikan, dengan dukungan Messages dan Mail bersama dengan integrasi pihak ketiga termasuk WhatsApp. Dukungan masih terbatas saat ini, dan kemungkinan besar bisa ditemukan di hotel-hotel kelas atas, tetapi pembuat mobil juga perlahan-lahan mulai bergabung.

Apple Pay Later adalah bagian lain dari teka-teki, memungkinkan pengguna membagi pembayaran yang lebih besar menjadi empat pembayaran yang sama, kemudian dibayarkan kembali selama enam minggu, tanpa bunga.

Wallet akan mengingatkan pengguna kapan harus membayar, dan memberikan opsi untuk membayar saldo secara penuh kapan saja. Tidak ada laporan lebih lanjut apakah itu hanya akan tersedia di AS saat ini, atau di negara lain juga.

Apple Maps Makin Bersaing dengan Google Maps

Apple benar-benar menempatkan pekerjaan di peta 3D tahun ini, dengan cakupan yang diluncurkan ke Las Vegas dan Chicago serta kota-kota besar lainnya. Tampilan udara virtual berfungsi dalam tema terang dan gelap, dan dapat digunakan oleh pengembang untuk mengarahkan pengguna ke tempat mereka dapat menemukan skuter sewaan, penjemputan taksi, dan titik pengantaran paket.

Navigasi juga semakin berkembang dengan perutean multi-stop, memungkinkan pengguna merencanakan perjalanan dengan beberapa pemberhentian. Ini akan menunjukkan harga transportasi umum saat dipilih, dan memungkinkan pengguna membayar di dalam aplikasi Maps menggunakan Apple Pay jika jaringan mendukung pembayaran NFC dan tiket.

Safety Check untuk Korban Kekerasan

Ini adalah salah satu fitur yang berguna, di mana fitur Safety Check ditujukan untuk korban kekerasan dalam rumah tangga, memungkinkan mereka untuk segera menghapus informasi apa pun yang telah mereka bagikan dengan pasangan, termasuk janji temu kalender, kata sandi aplikasi dan situs web, serta informasi lokasi.

Generasi Baru CarPlay

CarPlay secara mendasar telah mengubah cara orang berinteraksi dengan kendaraan mereka, dan generasi berikutnya dari CarPlay melangkah lebih jauh dengan mengintegrasikan secara mendalam dengan perangkat keras mobil. CarPlay akan dapat menyediakan konten untuk beberapa layar di dalam kendaraan, menciptakan pengalaman yang terpadu dan konsisten.

Integrasi yang lebih dalam dengan kendaraan akan memungkinkan pengguna untuk melakukan hal-hal seperti mengontrol radio atau mengubah iklim secara langsung melalui CarPlay, dan menggunakan data kendaraan, CarPlay akan secara mulus menampilkan kecepatan, tingkat bahan bakar, suhu, dan lainnya di kluster instrumen.

Pengguna akan dapat mempersonalisasi pengalaman berkendara mereka dengan memilih desain klaster pengukur yang berbeda, dan dengan dukungan tambahan untuk widget, pengguna akan memiliki informasi sekilas dari Cuaca dan Musik langsung di dasbor mobil mereka.

Siri Punya Kemampuan Baru

Apple menambahkan kemampuan untuk menjalankan pintasan segera setelah aplikasi diunduh tanpa memerlukan pengaturan di muka pada Siri. Pengguna dapat menambahkan emoji saat mengirim pesan, memilih untuk mengirim pesan secara otomatis, melewatkan langkah konfirmasi dan menutup telepon serta panggilan FaceTime sepenuhnya bebas genggam hanya dengan mengatakan “Hai Siri, tutup telepon.”

FaceID Dalam Mode Anyar

FaceID sekarang akan berfungsi dalam mode lanskap. Keyboard di layar mendapatkan umpan balik haptic sekarang. Namun, fitur ini bisa berfungsi jika pengguna mengizinkannya, jadi perlu bertanya sebelum mengakses clipboard pengguna.