Instagram Pasang Fitur <i>Amber Alerts</i> di <i>Feed</i> untuk Pertolongan Pencairan Anak Hilang
Amber Alerts tampil di Feed saat ada informasi anak hilang di sekitar Anda. (foto: dok.instagram)

Bagikan:

JAKARTA – Amber Alerts adalah alat penting dalam membantu menemukan anak-anak yang diculik. Mereka disahkan oleh penegak hukum dan disiarkan melalui TV, pesan teks, dan sarana lainnya.

Sekarang, Instagram juga akan mendorong Amber Alerts ke feed pengguna dengan fitur yang diluncurkan di AS, 1 Juni dan akan tersedia di total 25 negara dalam beberapa minggu ke depan. Fitur ini menunjukkan bagaimana aplikasi seperti Instagram telah menjadi infrastruktur komunikasi dasar di dunia modern.

Menambahkan Amber Alerts ke Instagram masuk akal karena beberapa alasan. Pertama, generasi muda mungkin mengabaikan pesan teks tetapi menelusuri Instagram dengan teratur. Kedua, sementara peringatan teks mengharuskan orang untuk mengklik tautan untuk mendapatkan lebih banyak informasi dan foto anak yang hilang, peringatan Instagram akan menyertakan info ini secara langsung.

Tampaknya lansiran tidak akan dikeluarkan sebagai pemberitahuan, lansiran itu hanya akan muncul di umpan reguler pengguna.

Dilaporkan oleh The Verge, Facebook sebelumnya menambahkan Amber Alerts ke News Feed pada tahun 2015. Namun, jika Anda belum pernah melihatnya, ini menunjukkan betapa jarang dan fokusnya peringatan ini. Penegakan hukum memiliki pedoman yang cukup ketat tentang konteks yang diperlukan untuk mengeluarkannya, seperti banyaknya persyaratan yang menjadi kebutuhan akan informasi deskriptif tentang korban dan penculik serta informasi tentang kendaraan tersangka. Informasi ini hanya dikirim ke orang-orang yang dianggap berada di dekat lokasi penculikan.

Seperti yang dikatakan Instagram ketika mengumumkan berita integrasi, “Jika Anda mendapatkannya, itu berarti ada pencarian aktif untuk anak hilang di dekatnya. Untuk mengetahui kepada siapa peringatan ini ditampilkan, kami menggunakan berbagai sinyal, termasuk kota yang Anda cantumkan di profil, alamat IP, dan layanan lokasi Anda, jika Anda mengaktifkannya.”

Instagram mengatakan fitur tersebut akan tersedia di Argentina, Australia, Belgia, Bulgaria, Kanada, Ekuador, Yunani, Guatemala, Irlandia, Jamaika, Korea, Lithuania, Luksemburg, Malaysia, Malta, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Rumania, Afrika Selatan , Taiwan, Ukraina, Inggris Raya, UEA, dan AS.