Kerja Sama Strategis, NTT dan Grok Akan Mentransformasi Layanan Jaringan dengan Teknologi Kecerdasan Buatan
NTT Ltd. resmi kerjasama strategis dengan Grok (foto: Logo NTT Ltd.)

Bagikan:

JAKARTA - Penyedia layanan teknologi global terdepan di dunia, NTT Ltd. resmi mengumumkan kerja sama strategisnya dengan Grok, penyedia penyedia software (SaaS) kecerdasan buatan (AI) ternama. 

Kerja sama ini dimaksudkan untuk menciptakan peluang baru dan meningkatkan pengalaman di seluruh jaringan melalui AI dan pembelajaran mesin (machine learning).

Data internal menunjukkan, sejumlah klien awal yang telah mengadopsi tersebut mengalami adanya penurunan aktivitas intervensi manual hingga 90 persen, meningkatkan kecepatan identifikasi insiden sebesar 50 persen, dan waktu perbaikan menjadi lebih cepat 50 persen. 

"Teknologi dan prosedur operasional telah mengalami banyak perubahan mendasar, tetapi satu-satunya yang konstan adalah betapa pentingnya jaringan bagi bisnis. Klien kami tidak dapat beroperasi tanpa jaringan mereka," kata Amit Dhingra, Executive Vice President Network Services NTT Ltd dari siaran pers yang diterima VOI, Selasa, 24 Mei. 

Dengan menggabungkan aplikasi jaringan berbasis kecerdasan buatan NTT, dan deteksi anomali lewat platform bertenaga AI dan machine learning Grok, memberikan klien proses lebih cepat untuk mengadopsi fitur operasional terbaru untuk jaringan mereka. 

Kemampuan pembelajaran tanpa sentuhan dan analisis data kinerja real-time dalam perilaku jaringan memberikan solusi yang lebih cepat kepada klien, ditambah teknologi AI yang memberikan manfaat eksponensial terhadap kinerja jaringan secara keseluruhan.

Permintaan konektivitas yang terus meningkat, menantang sistem lama dan mendorong kebutuhan akan jaringan yang lebih cerdas dan inovatif.

Tingkat kesehatan jaringan yang lebih tinggi dan pengalaman klien yang luar biasa semakin penting untuk memodernisasi operasional bisnis dan mendukung strategi transformasi digital di cloud, sistem kerja hybrid, IoT, dan penerapan teknologi lainnya. 

Layanan jaringan NTT dirancang untuk memberikan tingkat manajemen operasional terbaik dengan kemampuan canggih terdepan, di mana kami baru-baru ini diakui sebagai Leader for Network Services oleh Gartner. 

"Kerja sama kami dengan Grok adalah bagian dari serangkaian investasi berkelanjutan yang membedakan layanan NTT dan menyediakan jaringan yang tepat untuk bisnis klien kami," sambungnya. 

Chief Executive Officer (CEO) dan Founder Grok, Casey Kindiger mengatakan bahwa NTT adalah salah satu penyedia layanan terkelola terdepan yang mendorong inovasi melalui kemajuan terbaru dalam teknologi AI yang bisa diandalkan dan tingkat layanan yang sesuai dengan ekspektasi pelanggan mereka.

"Kami senang bahwa NTT memilih Grok AIOps sebagai platform utama untuk mendorong strategi AI mereka. Kami berharap dengan kemitraan ini secara proaktif kami dapat membantu klien NTT dalam mengelola infrastruktur krusial dan memberikan pengalaman yang luar biasa kepada pelanggan," ungkap Casey.