TikTok Apresiasi Kreatornya dengan Luncurkan Fitur Kredit Video
TikTok baru saja memperkenalkan fitur kredit konten kreator.(foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - TikTok baru saja memperkenalkan fitur kredit konten kreator, di mana pengguna bisa langsung menandai dan memberi kredit pada video menggunakan tombol baru di aplikasi.

Tombol baru itu akan diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan, nantinya pengguna bisa menandai, menyebutkan, dan memberi kredit pada video dalam deskripsi.

"Hari ini, kami memperkenalkan alat baru untuk lebih memungkinkan kredit pembuat konten dan atribusi yang adil untuk komunitas pembuat konten dan pembuat konten kami," ungkap direktur komunitas pembuat TikTok, Kudzi Chikumbu.

Sebenarnya, pengguna telah lama dapat menandai satu sama lain, tetapi hadirnya fitur baru ini mendorong mereka memberikan kredit yang layak untuk karya asli dari konten kreatornya.

Saat meniru gerakan tarian, lelucon, meme, atau audio orang lain, menambahkan atribusi untuk video TikTok asli mereka akan lebih mudah.

"Fitur-fitur ini merupakan langkah penting dalam komitmen berkelanjutan kami untuk berinvestasi dalam sumber daya dan pengalaman produk yang mendukung budaya kredit, yang penting untuk memastikan TikTok tetap menjadi rumah bagi ekspresi kreatif," ujar Chikumbu.

Konten kreator yang lebih besar atau dengan jumlah pengikut yang banyak mengangkat ide dari kreator yang lebih kecil adalah sesuatu yang tidak terbatas pada TikTok.

Namun, sebagai salah satu aplikasi sosial terbesar di pasar, terutama di antara Gen Z yang lebih muda hingga demografis milenial, bagaimana pendekatannya terhadap masalah pengakuan pencipta itu penting.

Melansir Engadget, Kamis, 19 Mei, untuk mengakses fitur tersebut, pengguna bisa mengetuk ikon video baru di halaman posting setelah membuat atau mengedit video mereka sendiri. Setelah berada di halaman video, pengguna dapat memilih video yang mereka sukai, favoritkan, posting, atau yang telah menggunakan suara yang sama.

Setelah video ini dipilih, tag video akan ditambahkan sebagai sebutan di caption. Mereka yang videonya ditandai oleh konten kreator lain kemudian akan diberi tahu tentang ini melalui peringatan di Inbox aplikasi TikTok mereka.

Perlu diketahui, fitur ini muncul setelah banyak kreator kulit hitam pada Juni tahun lalu meninggalkan TikTok. Mereka berhenti berbagi tantangan menari dan menyebut kurangnya penghargaan yang mereka terima dalam upaya untuk mendapatkan lebih banyak pengakuan.