TikTok Rayakan Bulan Ramadan dengan Luncurkan Empat Program Spesial
Head of Communication TikTok Indonesia Anggini Setiawan dalam acara Serunya Berbagi TikTok (foto: Rana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA – TikTok membagikan hasil survei Ramadan with TikTok 2024: Celebrating, Creativity, Community, and Beyond. Survei yang dilakukan pada bulan Maret ini dilakukan untuk mengetahui preferensi pengguna.

Disampaikan oleh Head of Communication TikTok Indonesia Anggini Setiawan di acara Serunya Berbagi, sebanyak 80 persen pengguna mengunjungi TikTok untuk melihat hiburan. Selain itu, 83 persen pengguna masuk ke TikTok untuk mencari inspirasi.

Anggini juga menyampaikan fakta penting seputar penggunaan TikTok di bulan Ramadan. Ia mengatakan bahwa, "Satu dari dua pengguna TikTok mengatakan bahwa saya akan ke TikTok pada saat merayakan lebaran 2024."

Melihat hasil survei ini, TikTok menyadari bahwa mereka harus mempersiapkan diri dalam merayakan Ramadan dan menyambut Lebaran. Oleh karena itu, TikTok membuat empat program spesial bagi para komunitas untuk membuat TikTok lebih seru.

Berbagai program yang TikTok luncurkan adalah Stiker Donasi, Bantu Donasi ke organisasi non-pemerintah (NGO), Challenge berhadiah THR, dan fitur TikTokTainment Hub. Keempat program ini dibuat dengan tema Serunya Berbagi.

Stiker Donasi merupakan fitur yang diluncurkan untuk mengajak komunitas mendukung gerakan sosial dari NGO. Fitur ini bisa ditambahkan ke dalam video atau live streaming di TikTok. Fitur ini berkaitan dengan program Bantu Donasi.

TikTok bekerja sama dengan Percent, mitra penyaluran dana amal global untuk mengalihkan pendapatan dari Stiker Donasi ke lima NGO. Kelima NGO ini adalah Platform Usaha Sosial (PLUS), YCAB, Foodbank of Indonesia, edufamers, dan BenihBaik.

Anggini menegaskan bahwa TikTok tidak akan menerima dana sepeser pun dari program Stiker Donasi dan Bantu Donasi. Seluruh dana yang masuk langsung dikelola oleh Percent dan akan diberikan bergilir setiap minggunya ke masing-masing NGO. TikTok menargetkan bantuan dana sebesar 5000 dolar AS (Rp78 juta) per minggunya.

Berikutnya, ada challenge Serunya Berbagi yang bisa diikuti oleh seluruh pengguna TikTok. Dengan membuat video seputar Ramadan dan menyertakan tagar Serunya Berbagi, pengguna yang beruntung akan mendapatkan total Tunjangan Hari Raya (THR) sebesar Rp15 juta.

Terakhir, ada program TikTokTainment Hub yang bisa diakses melalui kotak pencarian. Hub yang baru diluncurkan ini akan membantu pengguna dalam menemukan rekomendasi film, serial, musik, serta tontonan lainnya untuk mengisi waktu ngabuburit.