800 ATM Bitcoin Bakal Dipasang di Amerika Serikat
Ratusan ATM Bitcoin bakal dipasang di AS. (Coinsource)

Bagikan:

JAKARTA – Kwik Trip merupakan toserba yang berkantor pusat di Wisconsin. Baru-baru ini Kwik Trip menjalin kemitraan dengan perusahaan kripto Coinsource untuk menghadirkan sebanyak 800 ATM Bitcoin.

ATM Bitcoin tersebut bakal dipasang di Wisconsin, Minnesota, Iowa, dan Illionis, AS. Perusahaan mengumumkan bahwa ATM Bitcoin akan berada di lokasi yang mudah diakses oleh banyak orang.

Dilansir dari U.Today, perusahaan akan membebankan biaya yang besar kepada pelanggannya sebesar 11 persen. Pasalnya, ATM Bitcoin biasanya membebankan biaya yang jauh lebih tinggi daripada pertukaran mata uang kripto biasa.

Kendati begitu, ATM Bitcoin telah menjadi populer bagi komunitas kripto yang ingin mencairkan uangnya dari kripto. Ini karena mereka tidak perlu melewati proses Know Your Customer (KYC) seperti yang biasa dilakukan di bursa kripto.

Pengguna akan tetap anonim alias data diri mereka tidak diketahui. Di sisi lain, ini disebut menjadi kelemahan utama mesin ATM kripto karena dinilai dapat menarik aktor jahat yang melakukan pencucian uang.

Dave Wagner dari Kwik Trip menyatakan bahwa operator ATM mematuhi aturan dalam industri kripto. Sebagai informasi, Kwik Trip didirikan pada tahun 1965. Kemudian pada 1993, toserba tersebut memperlebar sayapnya ke Iowa.

Pemilik Kwik Trip adalah keluarga Zietlow. Perkembangan pesat Kwik Trip terjadi pada tahun 2022, di mana perusahaan berhasil memperbanyak cabangnya di 800 lokasi.

Kwik Trip bukan satu-satunya yang memasang ATM Bitcoin, sebelumnya raksasa ritel Amerika Serikat Walmart juga telah memasang 200 ATM Bitcoin secara diam-diam.