Binance Hapus Kontrak Berjangka Terra (LUNA)  Gegara Anjlok 99 Persen
Binance mengumumkan akan menghapus kontrak berjangka Terra (LUNA) dengan margin Tether (USDT).(foto:dok.pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pertukaran crypto besar Binance mengumumkan akan menghapus kontrak berjangka Terra (LUNA) dengan margin Tether (USDT) menyusul penurunan harga lebih dari 99%.

Dalam posting blog Kamis, 12 Mei, Binance mengatakan akan mengambil "tindakan pencegahan" di sekitar kontrak abadi LUNA/USDT, dan berniat untuk menghapus pasangan jika harga berada di bawah 0,005 USDT.

Pengumuman tersebut mengikuti pertukaran yang mengubah tingkat leverage dan margin untuk kontrak terikat LUNA pada Rabu, 11 Mei dengan leverage maksimum ditetapkan delapan kali untuk posisi di bawah 50.000.

Selain itu, Binance mengatakan akan meluncurkan kontrak berjangka LUNA dengan margin Binance USD (BUSD) pada Kamis, tampaknya sebagai kendaraan investasi alternatif jika LUNA/USDT dihapus. Menurut bursa, telah mengalami "kelambatan dan kemacetan" yang menyebabkan sejumlah besar transaksi penarikan jaringan Terra ditandai sebagai tertunda.

Dilaporkan oleh Cointelegraph, harga LUNA telah turun lebih dari 99% dalam 24 jam terakhir, mencapai 0,004 dolar AS pada saat publikasi setelah aksi jual massal. Volatilitas telah mempengaruhi banyak token di pasar crypto, dengan Bitcoin (BTC) turun di bawah 27.000 dolar AS ke level terendah 16 bulan terakhir dan Ether (ETH) di bawah 2.000 dolar AS untuk pertama kalinya sejak Juli 2021.

Di tengah volatilitas pasar yang ekstrem, banyak bursa telah membahas rumor FUD yang beredar di media sosial mengenai dana pengguna.

CEO Celsius Network Alex Mashinsky mengatakan kepada pengikut Twitter-nya pada hari Rabu bahwa platform “belum mengalami kerugian yang signifikan dan semua dana aman.” CEO Coinbase Brian Armstrong juga mengatakan kepada pengguna pertukaran bahwa perusahaan “tidak memiliki risiko kebangkrutan.”

Pada hari Selasa, salah satu pendiri Terra Do Kwon mengisyaratkan “rencana pemulihan” untuk TerraUSD (UST), kemudian menambahkan bahwa dia mendukung proposal komunitas untuk meningkatkan kapasitas pencetakan stablecoin algoritmik. Namun, Kwon belum memposting pembaruan apa pun setelah penurunan harga tambahan dari LUNA.