Yahoo Groups Resmi Ditutup
(Image Credit: Yahoo!)

Bagikan:

JAKARTA - Platform diskusi daring Yahoo Groups sepertinya harus undur diri dari dunia media sosial. Verizon yang mengakuisisi Yahoo pada 2017 lalu ini berencana menutup layanan tersebut dalam waktu dekat.

Mengutip PCMag, Selasa 13 Oktober, keputusan Verizon ini ia sampaikan melalui email yang dikirimkan ke pengguna Yahoo Groups dan sebuah pesan yang terpampang di situs web Yahoo Groups belum lama ini, untuk mengakhiri layanan diskusi daring terbesar pada masanya saat itu.

Terlepas dari sejarahnya yang diluncurkan 19 tahun lalu pada 2001, Yahoo Groups telah mengalami penurunan pengguna beberapa tahun ini, kebanyakan dari mereka telah beralih ke layanan seperti Reddit, Google Groups, dan Facebook Groups.

Sejatinya, Verizon tidak pernah berencana melakukan hal ini, tetapi karena penurunan pengguna yang cukup signifikan, langkah terberat ini harus ia ambil.

"Terjadi penurunan penggunaan yang stabil selama beberapa tahun terakhir, dan kami mulai menghentikannya secara bertahap tahun lalu. Selama periode yang sama, kami telah menyaksikan tingkat keterlibatan yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh properti kami saat pelanggan mencari konten premium yang dapat dipercaya," ungkap Verizon.

Tahun lalu, Verizon mengumumkan bahwa pengguna tidak lagi dapat membuat konten baru (diskusi) ke situs Yahoo Groups setelah 21 Oktober, dan perusahaan berencana untuk menghapus secara permanen semua konten pengguna sebelumnya pada 14 Desember 2019.

Selain itu, Verizon juga menghentikan upaya pengguna untuk mengarsipkan diskusi mereka sebelumnya. Meskipun langkah Verizon tahun 2019 masih memungkinkan situs web Grup Yahoo tetap aktif, tetapi situs tersebut tidak pernah sama.

Pengguna kehilangan kemampuan untuk memposting diskusi baru, tetapi mereka masih bisa untuk membuat grup baru dan melakukan percakapan email massal dengan semua anggota sekaligus.

Namun, mulai hari ini pengguna Yahoo Groups bahkan tidak dapat membuat grup baru. Hanya fungsi email yang akan dibiarkan aktif sampai Verizon akan benar-benar menonaktifkan layanan Yahoo Groups pada 15 Desember 2020 mendatang.

Terkait