Bagikan:

JAKARTA - Beberapa waktu lalu, Microsoft membuka dan membagikan Source Code untuk program 3D Movie Maker yang sudah dirilis sejak 1995 silam. Aplikasi ini digunakan untuk membuat 3D movie sederhana dengan menempatkan karakter kartun dan properti ke dalam lingkungan yang telah dirender sebelumnya.

Source Code yang dibagikan Microsoft ini dikarenakan adanya permintaan dari seseorang, dan kemudian raksasa teknologi tersebut mengabulkan permintaannya. Kode sumber asli untuk proyek ini sekarang ada di GitHub dan dirilis di bawah lisensi MIT sebagai open source.

Lisensi MIT adalah lisensi perangkat lunak bebas permisif yang berasal dari Massachusetts Institute of Technology. Sebagai lisensi permisif, Lisensi MIT memberikan batasan yang sangat longgar tentang penggunaan kembali dan memiliki kompatibilitas lisensi yang sangat baik.

Meskipun aplikasi ini terbilang sudah lawas karena diterbitkan tahun 1995, masih ada sejumlah komunitas kecil dan beberapa penggemar yang menggunakan aplikasi ini untuk membuat film 3D sederhana.

Foone mengajukan sejumlah argumen, termasuk fakta bahwa ribuan video dibuat dengan perangkat lunak dalam 27 tahun keberadaannya, yang tidak lagi dapat diputar tanpa 3D Movie Maker. Seperti yang disebutkan oleh situs 3dmm.com, banyak video yang dibuat dengan perangkat lunak masih dibagikan oleh komunitas aktif.

Melansir PCGamer, Foone berencana untuk memperbarui program agar dapat berjalan di PC modern, serta menambahkan fitur untuk memudahkan berbagi video yang dihasilkan.

"Saya berharap saya akan mendapatkan versi dasar yang dimodernisasi dalam bulan depan hingga beberapa bulan, tergantung pada berapa banyak masalah yang saya hadapi," kata mereka kepada PCGamer.