Donald Trump Ditolak Mentah-mentah Atas Gugatannya pada Twitter
Akun twitter Donald Trump masih disuspend. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang hakim pengadilan distrik federal di San Francisco, Amerika Serikat (AS) minggu lalu menolak gugatan Donald Trump terhadap Twitter yang menantang penangguhannya dari platform tersebut.

Dalam putusan tertulis hakim tersebut, James Donato menolak argumen Trump bahwa Twitter melanggar haknya atas kebebasan berbicara yang dijamin oleh amandemen pertama konstitusi AS.

Jejaring sosial tersebut secara permanen menangguhkan akun mantan presiden AS itu setelah pendukungnya menyerbu Gedung Capitol pada Januari 2021 untuk melakukan protes.

Twitter mengutip dua tweetnya yang diyakini sangat mungkin untuk mendorong dan menginspirasi orang untuk meniru tindakan kriminal yang berlangsung di Gedung Capitol pada 6 Januari tahun lalu.

Trump mengajukan gugatan pada Oktober 2021, mempermasalahkan tentang larangan tersebut dan dengan alasan bahwa itu melanggar hak Amandemen Pertama yang dibuatnya. Namun, Donato tidak setuju dan mencatat dalam putusannya bahwa Twitter adalah perusahaan swasta.

"Amandemen Pertama hanya berlaku untuk pengurangan pidato pemerintah, dan bukan untuk dugaan pengurangan oleh perusahaan swasta," ujar Donato yang dikutip dari Engadget, Senin, 9 Mei.

Selain itu, Donato juga menolak anggapan bahwa jejaring sosial telah bertindak sebagai entitas pemerintah setelah ditekan oleh lawan Trump, dan dengan demikian melanggar Amandemen Pertama ketika melarang mantan presiden.

Pada gugatannya, Trump meminta hakim untuk memutuskan Undang-Undang Kepatutan Komunikasi Federal, yang menyatakan bahwa penyedia layanan online seperti Twitter tidak dapat dimintai pertanggungjawaban atas konten yang diposting oleh pengguna dan tidak konstitusional.

Donato juga menolak klaim itu, dan memutuskan bahwa mantan presiden tidak AS ini memiliki kedudukan hukum untuk menantang Bagian 230 CDA. Trump sendiri dikenal sebagai pengkritik Pasal 230 dan mengusulkan untuk membatasi perlindungan yang dinikmati platform media sosial di bawahnya selama masa jabatannya.

Memang, Trump adalah pengguna Twitter yang rajin sebelum penangguhan akunnya, dan memiliki lebih dari 88 juta pengikut di Twitter, tetapi dia kemudian membentuk jejaring sosialnya sendiri yang disebut Truth Social setelah ditangguhkan.

Belum lama ini, Trump mengatakan kepada CNBC bahwa dia tidak akan kembali ke Twitter bahkan jika Elon Musk membatalkan penangguhan akunnya dan akan tetap berada di Truth Social sebagai gantinya.

Menurut laporan terbaru Daily Beast, Truth Social saat ini sudah memiliki 513.000 pengguna aktif harian dibandingkan dengan 217 juta Twitter.