Fitur Nearby Friends Milik Facebook Pamit Undur Diri Akhir Bulan Ini, Kenapa?
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Facebook baru saja mengumumkan akan menghapus fitur Nearby Friends pada akhir bulan ini. Sayangnya, media sosial milik Meta itu tak mengungkapkan alasannya.

Nearby Friends sejatinya merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna berbagi lokasi mereka saat ini dengan teman Facebook lainnya.

Saat pengguna memilih mengaktifkannya, mereka dapat mengizinkan perangkat atau aplikasi GPS di ponsel cerdas iOS dan Android atau smartwatch untuk menyampaikan informasi kembali ke Facebook, membuatnya dapat dilacak oleh orang lain.

Setelah mengatur Nearby Friends, pengguna kemudian dapat mengizinkan mereka yang ada di daftar teman untuk melihat lokasi GPS. Pengguna juga dapat menentukan grup teman mana yang ingin diberi akses ke lokasi.

Kemudian, pengguna akan diperlihatkan peta langsung yang menampilkan pengguna Facebook lain di daftar teman yang juga menggunakan fitur Nearby Friends, yang didekati dengan lokasi mereka (tetapi tidak persis) di peta.

Fitur itu juga memberi tahu pengguna seberapa jauh teman mereka, dan pengguna bahkan dapat saling menelepon atau mengirim pesan kepada mereka dari antarmuka Nearby Friends.

Tidak hanya fitur berbagi lokasi, Facebook juga akan menghapus peringatan cuaca, riwayat lokasi, dan lokasi latar belakang pada 31 Mei 2022 mendatang.

Melansir 9to5Mac, Minggu, 8 April, beberapa data, seperti riwayat lokasi pengguna akan tersedia untuk diunduh sampai 1 Agustus 2022. Setelah itu, Facebook mengatakan bahwa data ini akan dihapus.

Namun, ini tidak berarti bahwa aplikasi Facebook akan berhenti mengumpulkan lokasi pengguna. Perusahaan menyatakan bahwa data lokasi masih akan dikumpulkan untuk pengalaman lain.