Bagikan:

JAKARTA - Reddit baru saja meluncurkan program Community Funds resmi senilai 1 juta dolar AS setara Rp14,5 miliar, yang akan melihat berbagai proyek untuk menerima dukungan khusus.

“Kami akan mengundang komunitas untuk mengirimkan ide untuk proyek, acara, kontes, pemberian, hampir semua hal yang dapat Anda pikirkan untuk menyatukan orang demi inspirasi dan kesenangan,” ungkap Reddit.

Setiap proyek yang terpilih dapat meminta dana antara 1.000 hingga 50.000 dolar AS, yang setara Rp14,3 juta sampai Rp719 jutaan, dan Reddit akan mulai mengeluarkan hibah pada Juni mendatang.

Community Fund adalah versi Reddit dari dana pencipta yang Facebook, Snapchat, TikTok, YouTube, Spotify, dan hampir semua media sosial telah menawarkan kepada orang-orang yang menggunakan platform mereka. Dan, dalam hal ini, dana yang digelontorkan Reddit cukup kecil.

Facebook berjanji untuk menghabiskan 1 miliar dolar AS setara Rp14,4 to triliun untuk pendanaan terkait pembuat konten, dan Snap pada satu titik membuang 1 juta dolar AS sehari untuk konten kreatornya yang berkarya.

Namun melansir Social Media Today, Rabu, 27 April, karena Reddit bukan platform yang berfokus pada konten kreator dengan cara yang sama, hal terbaik tentang Reddit bukanlah pengguna individu, itu adalah subreddits, yakni mencoba membantu komunitas melakukan hal-hal tanpa terlalu melibatkan diri dalam prosesnya.

Dengan menjadi elemen yang lebih penting dari inisiatif semacam itu, Reddit kemudian memantapkan posisinya sebagai titik awal untuk itu, yang akan memperkuat keterlibatan komunitas, dan membuat pengguna tetap berinteraksi dalam aplikasi.

Mengingat potensi manfaatnya, ini adalah harga yang relatif kecil untuk dibayar, dan pada akhirnya bisa menjadikan Reddit alat yang lebih penting dalam banyak hal bagi pengguna dan proyek ini. Akan sangat menarik untuk melihat jenis proyek apa yang didanai Reddit nantinya.