Akun Instagram NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC) Dibobol <i>Hacker</i>, 100 NFT Raib!
Akun Instagram NFT Bored Ape dibobol hacker. (OpenSea)

Bagikan:

JAKARTA – Salah satu NFT terpopuler Bored Ape Yacht Club (BAYC) dilaporkan mengalami peretasan pada akun Instagram BAYC pada Senin 25 April kemarin. Setelah mengambil alih akun, peretas membagikan tautan ke airdrop palsu yang dibuat mirip dengan proyek BAYC.

Tindakan phishing tersebut berhasil mengelabui para pemilik NFT dan menghubungkan dompet MetaMask mereka ke situs penipuan milik hacker. Aksi ilegal itu berhasil mencuri sekitar 100 NFT dari dompet MetaMask pengguna.

Menurut laporan Cointelegraph, tampaknya serangan itu direncanakan bertepatan dengan peringatan satu tahun peluncuran koleksi BAYC, sehingga meningkatkan “kredibilitas yang dirasakan"” dari tautan phishing.

Berdasarkan data dari CoinGecko, harga dasar setiap NFT BAYC adalah sekitar 139 Ether (ETH), atau 400.726 dolar AS. Jadi, jika laporan itu benar, aset senilai lebih dari 40 juta dolar AS telah hilang dalam serangan tersebut. Namun, angka itu mungkin hanya mewakili perkiraan bawah, karena didasarkan pada harga dasar.

Pada saat publikasi, tidak jelas bagaimana peretas mendapatkan akses ke akun Instagram resmi BAYC. Sementara pengguna media sosial menunjukkan pentingnya otentikasi dua faktor sebagai pencegah yang efektif terhadap login yang tidak sah, yang lain mengatakan bahwa metode tersebut tidak begitu mudah.

BAYC telah berkembang menjadi koleksi NFT favorit sepanjang masa di dunia kripto, menghasilkan lebih dari 1 miliar dolar AS dalam penjualan pada tahun 2021. NFT BAYC memiliki total pasokan terbatas yakni hanya tersedia sebanyak 10.000 NFT saja. Dalam satu bulan terakhir, lebih dari 38.748 ETH item kera diperdagangkan di marketplace OpenSea.

Hingga saat ini aksi peretasan tersebut belum terungkap, belum diketahui juga apakah pihak BAYC akan bekerjasama dengan pihak berwajib untuk melakukan investigasi terkait tindakan ilegal tersebut.