Bagikan:

JAKARTA - HTC Vive telah meluncurkan, sebuah sistem yang dirancang untuk menempatkan aktor dunia nyata ke dalam dunia virtual bergaya Mandalorian pada Senin, 25 April. Sistem yang disebut dengan Mars CamTrack ini dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau.

"VIVE Mars CamTrack membuat produksi virtual menjadi cepat, mudah, dan terjangkau dengan menggabungkan seluruh alur kerja pelacakan kamera menjadi modul plug-and-play yang ringkas dengan fitur kelas profesional," tulis keterangan produk.

Sistem ini menggunakan perangkat keras yang ada bersama dengan kotak baru bernama Mars yang memproses semua sinyal. Produk ini juga mencangkup sepasang Vive Tracker (3.0) untuk melacak pergerakan kamera, cahaya atau penyangga, tiga Rovers untuk mengirim sinyal dari Vive Tracker ke Mars dan sepasang Base Station (2) yang menentukan lokasi yang tepat dari setiap Vive Tracker dan modul Rover.

Ada beberapa keuntungan dari penggunaan VIVE Mars CamTrack ini. Pertama, sistem ini memungkinkan aktor melompat ke sejumlah latar belakang virtual secara real-time selama produksi.

Kemudian, semua proses produksi dapat dilakukan di satu tempat tanpa perlu pemotretan lokasi yang mahal dan pembuatan set. Set dapat diubah dengan cepat. Itu juga akan membuat pertunjukan lebih mudah, karena aktor dapat melihat lingkungan mereka daripada harus berpura-pura ada di sana.

Menyiapkan sistem seperti itu pastilah sangat rumit, tetapi HTC Vive menjanjikan fitur seperti kalibrasi otomatis untuk offset kamera dan distorsi lensa. Ini juga memiliki kompatibilitas plug and play, yang memungkinkan Anda menyinkronkan sistem LiveLink Unreal Engine tanpa memerlukan perangkat lunak tambahan.

Untuk saat, VIVE Mars CamTrack diluncurkan hanya di Amerika Serikat, Kanada, dan sebagian besar negara Eropa. Mars CamTrack dijual dalam paket dengan Tracker, Rovers, Base Station, unit Mars, kabel, kit kalibrasi dan banyak lagi. Harga awal adalah 5.000 dolar AS atau setara dengan Rp70 juta.

Harga tersebut memanglah tidak murah, namun jika mengingat biaya produksi film lain yang cukup tinggi, harga Mars CamTrack tidaklah seberapa. Jika Anda tertarik, Anda sekarang dapat mendaftar untuk membeli kit Mars CamTrack di website resminya.