Cara Cepat Mentransfer File Antar PC Windows dengan SHAREit
Cara mudah transfer file antar PC menggunakan SHAREit (Foto: dok. VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Apakah Anda sering mengalami kesulitan dalam mentransfer file antara dua PC Windows? Ternyata, ada banyak cara untuk mentransfer file antara dua PC Windows.

Anda dapat menggunakan perangkat penyimpanan eksternal seperti, flash drive atau hard drive, kabel LAN, atau bahkan cloud. Pilihan lainnya adalah menggunakan aplikasi berbagi file peer-to-peer, dan SHAREit.

Jika awalnya Anda hanya mengetahui aplikasi SHAREit untuk ponsel saja, berikut panduan untuk menunjukkan kepada Anda cara mentransfer file dengan cepat antar komputer Windows menggunakan SHAREit.

Cara Download SHAREit

Buka halaman unduh SHAREit di browser favorit Anda. Situs web akan secara otomatis mendeteksi bahwa Anda menggunakan Windows dan yang harus Anda lakukan hanyalah mengklik tombol Unduh.

Kemudian, pergi ke lokasi di mana Anda mengunduh file instalasi SHAREit, klik dua kali di atasnya, dan ikuti petunjuk untuk menginstalnya. Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah ini di satu PC, ulangi di PC lainnya.

Mentransfer File Antara Dua PC dengan SHAREit

Sebelum melanjutkan, sambungkan kedua PC ke jaringan WiFi yang sama. Misalnya, ini bisa berupa Wi-Fi rumah atau hotspot seluler. Jangan khawatir tentang data Anda, karena transfer tidak akan menghabiskan data internet Anda.

Buka SHAREit di kedua PC, dan yang pertama, klik menu hamburger (tiga garis horizontal) di kanan atas dan pilih Connect to PC .

Anda kemudian akan melihat radar, dan setelah beberapa detik, ikon PC kedua akan muncul (Anda akan dapat mengidentifikasinya dengan nama akun Windows-nya). Klik di atasnya untuk terhubung ke komputer lain.

PC kedua akan mendapatkan permintaan koneksi dari yang pertama, dan untuk menyelesaikan koneksi, Anda harus mengklik Terima . Komputer sekarang akan terhubung. Dan untuk mentransfer file, buka PC pertama dan seret dan jatuhkan ke area putih di bawah History.

Ketika Anda pergi ke PC kedua, Anda akan melihat bahwa ia telah menerima file. Untuk mengakses file, arahkan kursor ke atasnya untuk menampilkan tiga titik vertikal di sebelah kanan. Klik pada mereka dan pilih Open Containing Folder.

Anda bahkan dapat mentransfer file dari PC kedua ke PC pertama dengan menyeret dan menjatuhkannya ke SHAREit.