Bagikan:

JAKARTA – Raksasa platform perdagangan kripto Blockchain.com dikabarkan bakal melakukan penawaran umum perdana (IPO) dalam beberapa waktu mendatang. Informasi tersebut mencuat setelah pihak Blockchain.com melakukan pembicaraan dengan sejumlah bank di Amerika untuk go public.

Bloomberg melaporkan bahwa sumber yang mengetahui situasi tersebut mengatakan pembicaraan tersebut hanyalah percakapan awal dan rencana startup teknologi dapat berubah kapan saja.

Dilansir dari Cointelegraph, jika berhasil go public dengan IPO, itu akan menjadi pertukaran kripto kedua di AS yang melakukan hal tersebut. Coinbase telah menjadi bursa kripto pertama yang go public pada tahun 2021 dengan harga pembukaan 381 dolar AS per saham COIN dengan penilaian hampir 100 miliar dolar AS.

Blockchain.com saat ini bernilai sekitar 14 miliar dolar AS setelah putaran pendanaan dengan perusahaan modal ventura global. Blockchain.com adalah perusahaan layanan keuangan cryptocurrency yang dimulai sebagai penjelajah blok Bitcoin pertama pada tahun 2011 dan kemudian menciptakan aplikasi dompet kripto yang populer.

Sejumlah bursa kripto di AS saat ini sedang bersaing untuk menjadi exchange kripto kedua setelah Coinbase yang melakukan IPO. Karenanya Blockchain.com harus bersaing dengan Binance.US yang juga berencana melakukan hal yang sama.

Ketatnya regulasi di AS menjadi hambatan tersendiri bagi exchange kripto di sana untuk go public. CEO Binance.US Brian Shroder menilai bahwa perusahaan punya bisnis kuat dan bekerjasama dengan regulator setempat guna memastikan bahwa Binance cabang AS itu bisa terdaftar di bursa saham.