Bagikan:

JAKARTA - Misi ke Bulan dalam program Artemis tak hanya akan dijalankan oleh NASA, Badan Antariksa Eropa (ESA) juga turut andil dalam misi tersebut, salah satunya dengan mengirim astronot mereka. Kini, mereka mulai mempelajari cara mendarat dengan aman di Kutub Selatan Bulan.

Simulasi ini dilakukan tanpa meninggalkan Bumi. Dalam misi Artemis diketahui para astronot harus belajar menangani tantangan unik untuk mendarat di lingkungan kutub Bulan.

Dengan sinar matahari sudut rendah dan kawah yang dalam serta tertutup secara permanen, Kutub Selatan Bulan menimbulkan kesulitan yang tidak pernah dihadapi misi Apollo sebelumnya.

Guna mendapatkan pengalaman langsung dengan lingkungan ini tanpa mempertaruhkan nyawa manusia, ESA menempatkan astronot melalui langkah mereka di simulator berteknologi tinggi.

Simulator baru ESA, bagian dari studi Rekayasa kendaraan penerbangan yang dijuluki Human-In-the-Loop, tidak meninggalkan tanah atau bergantung pada roket, itu dibangun ke lengan robot skala besar, yang mampu bergerak dan bergeser di sudut ekstrim untuk mensimulasikan efek dari perintah yang diberikan astronot ke komputer.

Melansir laman resmi ESA, Sabtu, 9 April, astronot ESA Robert Vittori, yang telah ke luar angkasa tiga kali sebelumnya, menempatkan simulator melalui langkahnya. Berbasis di German Aerospace Center (Deutsches Zentrum für Luft- und Raumfahrt; DLR), Robotic Motion Simulator adalah prestasi rekayasa dalam dirinya sendiri.

“Simulator adalah mesin yang luar biasa, mungkin salah satu yang terbaik yang pernah saya alami. Eksperimen hari ini bagi saya menunjukkan bahwa Eropa dapat memainkan peran kunci dalam eksplorasi masa depan," kata Vittori.

Vittori menguji berbagai skenario, termasuk mengesampingkan autopilot yang diatur untuk mendarat di bidang batu, dan beralih ke kontrol manual ketika komputer mengalami kesalahan.

Filosofi dari program Human-In-the-Loop adalah bahwa rekayasa perangkat keras dan pilihan desain perangkat lunak untuk pesawat ruang angkasa harus dibuat bekerja sama dengan manusia yang akan menerbangkan mesin.

Antarmuka manusia-mesin harus ramah pengguna dan intuitif, sehingga pada saat-saat kritis, seperti mendarat di Bulan, tidak ada kekurangan yang mengejutkan atau kebingungan pilot atas kontrolnya.

"Kami sedang membangun desain awal dan persyaratan awal untuk pendaratan manusia di Bulan, dengan astronot dalam lingkaran untuk meningkatkan ketahanan dan keandalan sistem penerbangan," ujar manajer proyek Luca Ferracina.

Sebagai informasi, ESA telah banyak terlibat dalam program Artemis sejak awal. Badan tersebut merancang dan membangun modul layanan kapsul Orion, yang akan membawa astronot ke orbit bulan, bekerja sama dengan NASA dan mitra internasional lainnya.

Sementara itu, astronot ESA akan berada di pesawat setidaknya tiga dari misi Artemis ke stasiun luar angkasa Lunar Gateway yang direncanakan dalam beberapa tahun mendatang.