Google Kenalkan Fitur Baru yang Mudahkan Pengguna Cari Barang dengan Teks dan Gambar
Google baru saja meluncurkan fitur multisearch untuk Google Lens-nya.(foto: Dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA - Google baru saja meluncurkan fitur multisearch untuk Google Lens-nya, yang memungkinkan pengguna mencari gambar dengan teks yang menyertainya untuk membantu menyempurnakan hasil.

Misalnya, jika pengguna melihat model gaun berwarna oranye yang disukai tetapi lebih suka menemukan toko yang menjualnya dengan warna hijau, pengguna dapat mengambil gambar gaun oranye dan menulis 'hijau' di bidang teks untuk menampilkan hasil model serupa gaun tetapi dalam warna hijau.

Ada berbagai kegunaan untuk alat ini, tetapi secara keseluruhan Google ingin membuat hasil penggunanya lebih relevan. Seperti yang dikatakan CEO Google Sundar Pichai, fitur multisearch baru adalah bagian dari upaya berkelanjutan perusahaan untuk menggunakan AI.

Hal itu bertujuan guna menciptakan pengalaman informasi yang benar-benar seperti percakapan, multimodal, dan pribadi.

Saat ini, fitur tersebut baru tersedia dalam versi beta untuk pengguna Amerika Serikat (AS) yang mencari dengan teks dalam bahasa Inggris. Ini juga ditujukan untuk pencarian belanja. Perusahaan belum menyatakan kapan akan tiba di negara lain atau untuk bahasa lain.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu membuka aplikasi Google, ketuk ikon kamera Lens, lalu cari tangkapan layar atau ambil gambar baru. Kemudian, geser ke atas dan ketuk tombol "+ Tambahkan ke pencarian Anda" untuk menambahkan teks.

Melansir ZDNet, Jumat, 8 April, lebih lanjut, Google juga mengatakan sedang menjajaki cara fitur tersebut dapat ditingkatkan dengan Multitask Unified Model (MUM), model AI terbaru Google.

Raksasa teknologi tersebut baru-baru ini membagikan cara menggunakan MUM dan model AI lainnya untuk menyampaikan informasi tentang bantuan krisis secara lebih efektif kepada orang-orang yang mencari bantuan.