<i>Big Data</i> Menunjang Optimalisasi Perusahaan, Begini Penjelasan Country Manager Nutanix
Country Manager Nutanix Fetra Syahbana di acara Webinar Selular Congress 2022, Selasa, 29 Maret (Foto: Screenshot Zoom)

Bagikan:

JAKARTA - Big data sudah menjadi tren di dunia bisnis pada era digital ini. Country Manager Nutanix Fetra Syahbana mengungkapkan bahwa pengolahan big data digunakan untuk menunjang optimalisasi perusahaan.

Dalam acara Webinar Selular Congress 2022, Selasa, 29 Maret, Fetra menjelaskan bahwa ada tiga jenis data yang harus Anda ketahui dalam pengolahan big data.

Data yang pertama adalah data terstruktur, data terstruktur adalah jenis data yang terorganisir dengan baik yang Anda temukan dalam database relasional dengan bidang reguler, terdefinisi dengan baik dan diketik seperti nama pelanggan, nomor rekening, nomor telepon, produk yang dibeli, tanggal pembelian, dan lain sebagainya.

“Data terstruktur paling sering dikelola menggunakan database relasional dan dianalisis dengan alat intelijen bisnis tradisional,” kata Fetra.

Data selanjutnya adalah data tidak terstruktur. Data jenis ini tidak mudah dikelola dalam basis data relasional, mengekstraksi nilai darinya memerlukan seperangkat alat yang berbeda.

Selain itu, data tidak terstruktur yang harus disimpan dengan format khusus karena tidak memiliki struktur yang spesifik. “Gak semudah mengolah data struktur, data tidak terstruktur ini perlu beberapa kali pengolahan,” terangnya.

Jenis data ketiga adalah data semi-terstruktur. Data jenis ini memiliki tingkat struktur tetapi tidak memiliki skema yang terdefinisi dengan baik dari database terstruktur. Pesan email adalah salah satu contoh data semi terstruktur

Fetra mengatakan bahwa sekitar 90 persen data perusahaan tidak terstruktur, dan kesenjangan antara jumlah data terstruktur dan tidak terstruktur kemungkinan akan melebar lebih jauh. Inilah sebabnya mengapa alat data besar yang dapat membantu memahami data yang tidak terstruktur sangat penting.

Selain itu, lanjut Fetra, pengolahan big data juga dapat mengurangi kompleksitas, meningkatkan efisiensi, dan menurunkan biaya operasional dengan proses implementasinya yang hanya membutuhkan waktu hitungan menit saja.