Bagikan:

JAKARTA - Komisi Komunikasi Federal (FCC) AS pada Jumat, 25 Maret, menambahkan AO Kaspersky Lab Rusia, China Telecom (Americas) Corp  dan China Mobile International USA  ke dalam daftar peralatan komunikasi dan penyedia layanannya yang dianggap sebagai ancaman keamanan nasional bagi AS.

Sebelumnya, FCC tahun lalu menunjuk lima perusahaan China termasuk Huawei Technologies Co  dan ZTE Corp  sebagai perusahaan pertama yang masuk dalam daftar, seperti yang diamanatkan berdasarkan undang-undang 2019. Kini Kaspersky adalah perusahaan Rusia pertama yang masuk daftar hitam di AS.

“Desain baru akan membantu mengamankan jaringan kami dari ancaman yang ditimbulkan oleh entitas yang didukung negara China dan Rusia yang berusaha terlibat dalam spionase dan jika tidak membahayakan kepentingan Amerika," kata Komisaris FCC, Brendan Carr, seperti dikutip Reuters.

Pejabat AS telah lama mengatakan bahwa menjalankan perangkat lunak Kaspersky dapat membuka jaringan Amerika untuk memfitnah aktivitas dari Moskow dan melarang produk antivirus unggulan Kaspersky dari jaringan federal pada tahun 2017. Padahal, Kaspersky yang berbasis di Moskow telah secara konsisten membantah menjadi alat pemerintah Rusia.

Dalam penyebutan Kaspersky ini, pengumuman FCC tidak menyebutkan invasi Rusia ke Ukraina atau peringatan baru-baru ini oleh Presiden Joe Biden tentang potensi serangan siber oleh Rusia, sebagai tanggapan terhadap AS sanksi dan dukungan Ukraina.

Kaspersky mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka kecewa dengan keputusan FCC. Karena alasan itu "dibuat atas dasar politik." “Langkah itu tidak berdasar dan merupakan respons terhadap iklim geopolitik daripada evaluasi komprehensif atas integritas produk dan layanan Kaspersky,” kata perusahaan itu.

Kedutaan Besar China di Washington mengatakan pada Jumat lalu, bahwa FCC "menyalahgunakan kekuasaan negara dan dengan jahat menyerang operator telekomunikasi China lagi tanpa dasar faktual. Mereka meminta agar AS harus segera menghentikan penindasan yang tidak masuk akal terhadap perusahaan China.

"China akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk secara tegas melindungi hak dan kepentingan sah perusahaan China," tambah Kedutaan Besar China di AS.

Sementara perusahaan-perusahaan China yang masuk dalam daftar hitam baru ini tidak segera berkomentar menanggapi keputusan FCC.

Pada Oktober tahun lalu, FCC telah mencabut otorisasi di AS untuk China Telecom (Amerika). FCC mengatakan China Telecom (Amerika) "tunduk pada eksploitasi, pengaruh dan kontrol oleh pemerintah China."

FCC mengutip keputusan sebelumnya untuk menolak atau mencabut kemampuan perusahaan telekomunikasi China untuk beroperasi di Amerika Serikat dalam keputusannya untuk menambahkan mereka ke daftar ancaman.

FCC juga mencabut otorisasi di AS  untuk China Unicom  dan Pacific Networks dan anak perusahaannya yang sepenuhnya dimiliki ComNet.

Pada tahun 2019, FCC menolak tawaran China Mobile untuk menyediakan A.S. layanan telekomunikasi, dengan alasan risiko keamanan nasional.

Penyertaan pada "daftar tertutup" berarti uang dari Dana Layanan Universal tahunan FCC sebesar 8 miliar dolar AS tidak boleh digunakan untuk membeli atau memelihara produk dari perusahaan. Dana tersebut mendukung telekomunikasi untuk daerah pedesaan, konsumen berpenghasilan rendah, dan fasilitas seperti sekolah, perpustakaan, dan rumah sakit.

FCC tahun lalu juga menyebut Hytera Communications, Hangzhou Hikvision Digital Technology dan Dahua Technology sebagai ancaman keamanan.

Ketua FCC, Jessica Rosenworcel, mengatakan badan tersebut bekerja sama dengan badan keamanan nasional AS untuk memperbarui daftar. Bahkan mereka akan menambahkan perusahaan tambahan baru jika diperlukan.