WhatsApp Bakal Izinkan Pengguna Kirim File yang Berukuran Hingga 2GB
WhatsApp sedang menguji kemampuan pengguna untuk mengirim file berukuran hingga 2GB. (foto: Aarn Giri / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Selama ini WhatsApp dikenal sebagai aplikasi perpesanan yang membatasi pengguna mengirim file media dengan ukuran yang lebih besar. Akan tetapi sepertinya ketentuan itu sebentar lagi akan berubah.

Menurut laporan dari WABetaInfo, tampaknya WhatsApp sedang menguji kemampuan pengguna untuk mengirim file berukuran hingga 2GB setelah WhatsApp untuk iOS merilis versi beta 22.7.0.76, yang akhirnya membawa dukungan untuk iOS 15.

Laporan tersebut berasal dari beberapa pengguna yang beruntung di Argentina. Di sana mereka kedapatan untuk menjajal fitur tersebut. Mereka menemukan pesan yang memungkinkan pengguna dapat berbagi file media hingga 2GB.

Saat ini, pengguna WhatsApp hanya dapat berbagi file media hingga 100MB. Pesaing WhatsApp, Telegram, di sisi lain, telah membiarkan pengguna berbagi hingga 2GB sejak 2020.

Melansir 9to5Mac, Senin, 28 Maret, namun, WABetaInfo mengatakan perusahaan berencana untuk meluncurkan fitur ini ke lebih banyak pengguna nantinya. Karena masih dalam uji coba, WhatsApp juga bisa melakukan perubahan.

Perusahaan telah lama dikritik tentang seberapa banyak foto di-compress, yang membuat pengguna tidak mendapatkan foto berkualitas dan lebih baik, sehingga pengguna mencari aplikasi atau metode alternatif lainnya.

WhatsApp telah menyiapkan setidaknya dua fungsi utama lainnya, yakni reaksi dan kompatibilitas multi-perangkat 2.0.

Untuk reaksi, pengguna bisa membalas pesan dari pengguna lain menggunakan enam emoji yang tersedia, jempol ke atas, hati, menangis, tertawa, wajah terkejut, atau tangan terlipat yang biasanya diartikan sebagai terima kasih. Fungsi ini sudah tersedia dalam versi beta.

Berikutnya, kompatibilitas multi-perangkat 2.0, akan memungkinkan pengguna memiliki ponsel cerdas lain menggunakan akun WhatsApp yang sama dan bahkan membuka kunci aplikasi iPad, ini merupakan fitur yang banyak diminta pengguna.