Jangan Takut Akunmu Dikunci Facebook, Begini Cara Mengaktifkan Facebook Protect
Facebook/Foto: Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini ramai perbincangan mengenai kiriman email dari Facebook yang akan mengunci akun yang tidak mengaktifkan Facebook Protect

"Akun Anda memerlukan keamanan tingkat lanjut dari Facebook Protect," katanya dalam email, dan melanjutkan memberi tahu pengguna bahwa jika mereka tidak mengaktifkan Facebook Protect pada tanggal tertentu, maka Facebook akan mengunci dari akun pengguna sampai mereka mengaktifkannya.

Pengguna juga diminta untuk mengklik tombol tautan berwarna biru besar yang dikirimkan bersamaan dengan pemberitahuan dari Facebook, bertuliskan "Aktifkan Facebook Protect" untuk memulai.

Banyak sebagian dari pengguna yang menganggap itu ada phishing atau spam. Namun, ternyata itu bukanlah spam, melaikan pemberitahuan resmi dari Facebook. 

Facebook sedang mendorong keamanan yang lebih tinggi untuk orang-orang tertentu di mata publik, dan juga mendorong mereka yang ada dalam daftar untuk mengadopsi metode keamanan yang lebih baik seperti two factor authentication

Jika Anda mendapatkan email seperti yang sudah kami jelaskan di atas tetapi tidak ingin menekan tombol biru misterius, Anda dapat memulai prosesnya dengan cara seperti ini. 

  1. ‌Buka halaman Facebook Anda. (Anda mungkin akan mendapatkan pemberitahuan pop-up tentang Facebook Protect)
  2. Klik panah di sudut kanan atas, pada desktop, atau pada ikon "hamburger" tiga baris di seluler.
  3. Pilih Pengaturan & Privasi > Pengaturan‌
  4. Pilih Keamanan dan Login di desktop atau pilih Kata Sandi dan Keamanan di seluler.
  5. Di bawah Facebook Protect , Anda akan melihat catatan bahwa “Facebook Protect is Off.” Klik Memulai jika melalui desktop, atau ketuk panah jika melalui seluler. 

Setelah itu, ikuti saja petunjuknya. Jika Anda memiliki kata sandi yang cukup kuat dan telah mengaktifkan 2FA, maka Anda tidak perlu melakukan apa-apa lagi. Anda hanya akan mendapatkan pesan yang mengatakan bahwa Anda sudah siap.