4 Cara Ini Bisa Bantu Anda Pantau Keterkiriman Email Agar Tidak Masuk ke <i>Folder Spam</i> Penerima
4 cara yang bisa dipakai untuk memantau keterkiriman email (Foto: dok. Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Adanya berbagai platform komunikasi yang tersedia di dunia saat ini, email masih merupakan cara yang efektif untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda dan menjangkau prospek baru.

Anda hanya dapat menuai manfaat dari upaya Anda dengan memastikan email Anda berakhir di kotak masuk penerima Anda. Anda dapat mencapai ini dengan menguji kemampuan pengiriman email Anda secara teratur untuk menghindari folder sampah yang ditakuti itu.

Inilah beberapa hal yang kami rangkum dari Makeuseof tentang beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang keterkiriman email dan cara mengujinya.

Apa itu Keterkiriman Email?

Pengiriman email atau email delivery memberitahu Anda apakah server penerima Anda menerima atau menolak email Anda. Yang terakhir mungkin terjadi karena alamat email penerima Anda tidak valid.

Di sisi lain, keterkiriman email atau email deliverability memberitahu Anda apakah email Anda berakhir di kotak masuk atau folder spam penerima Anda. Dengan kata lain, Anda dapat memiliki pengiriman email yang bagus, tetapi mengalami pengiriman yang buruk jika email Anda berakhir di folder spam.

Mengapa email Anda masuk ke folder spam?

Spam email selalu menjadi masalah serius, itulah sebabnya sebagian besar penyedia layanan email memiliki filter untuk mencegah email yang menipu masuk ke kotak masuk klien mereka.

Filter spam ini menilai email Anda berdasarkan beberapa kriteria, termasuk baris subjek, konten, tautan, reputasi email, dan lainnya. Masalahnya adalah filter ini tidak sempurna, karena mereka sering menandai email yang sah sebagai spam.

Mengapa Harus Menguji Keterkiriman Email Anda?

Melakukan tes pengiriman email memberi Anda wawasan yang memungkinkan Anda untuk menyempurnakan strategi kampanye untuk mencegah email Anda berakhir di folder spam, dan juga memungkinkan Anda untuk menjangkau lebih banyak orang.

Ini membantu menghemat waktu, energi, dan uang yang mungkin Anda habiskan untuk kampanye yang tidak efektif yang tidak membuahkan hasil. Terlebih lagi, karena spammer email terus-menerus menemukan cara baru untuk mengelabui filter email.

Berikut adalah alat pengujian keterkiriman email yang patut Anda agar sesuai dengan upaya tersebut dan membantu Anda menyimpan email di kotak masuk penerima.

MailTester.com

MailTester adalah alat canggih yang memungkinkan Anda memeriksa kualitas dan kemampuan pengiriman email dalam beberapa langkah mudah. Anda hanya perlu mengirim pesan Anda ke alamat email yang dibuat di situs webnya.

Kemudian, MailTester akan mengembalikan laporan mendalam yang menunjukkan kepada Anda apakah akun email diautentikasi, penilaian server email dan IP pengiriman, konten, atau jika Anda memiliki tautan rusak, hanya untuk beberapa nama.

Ini juga akan memberikan skor dari 1 hingga 10 dengan mempertimbangkan semua faktor di atas, dan menunjukkan kemungkinan email Anda mencapai kotak masuk penerima. Pemeriksa email ini memungkinkan Anda menganalisis hingga tiga pesan per hari secara gratis, sambil menawarkan paket bayar sesuai pemakaian atau langganan bulanan dan tahunan.

Unspam

Unspam adalah pemeriksa spam email yang memberikan laporan komprehensif tentang pengiriman email Anda setelah memeriksa baris subjek, tautan rusak, praktik terbaik HTML, daftar hitam IP, dan banyak lagi.

Unspam sangat mudah digunakan, memungkinkan Anda untuk memeriksa email Anda dengan mengirimkannya ke alamat pengujian yang diberikannya.

Alat ini juga memungkinkan Anda membuat kampanye yang lebih efektif melalui peta panas prediksi pelacakan yang membantu Anda mengetahui bagian yang paling menarik dan paling tidak menarik dari desain Anda, sekaligus memberikan skor kejelasan untuk mengidentifikasi area yang berantakan.

Versi gratisnya memungkinkan Anda menguji hingga 10 email per bulan dan menawarkan versi premium mulai dari 14 dolar atau Rp190 ribu per bulan.

Glock Apps

Glock Apps adalah pemeriksa spam email efektif lainnya yang dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan pengiriman dengan menjalankan konten email melalui filter spam dan menyoroti masalah yang mungkin menyebabkan email Anda masuk ke folder spam.

Anda hanya perlu mengirim salinan pesan Anda ke alamat email di situs webnya untuk menerima laporan yang komprehensif. Alat ini juga dilengkapi DMARC Analyzer untuk melindungi domain Anda dari spoofing dan phishing. Versi gratisnya memungkinkan 3 test spam email per bulan, dan versi premium mulai dari 59 dolar atau sekitar Rp820 ribu.

Mailtrap

Mailtrap mencakup semua esensi pengujian email Anda dengan memeriksa header email, tautan, baris subjek, dan lainnya untuk memberi Anda laporan mendalam. Platform kolaboratifnya memungkinkan Anda berbagi ruang pengujian dengan rekan kerja dan melihat hasilnya secara real-time, sehingga memudahkan tim Anda untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah yang mungkin mempengaruhi kemampuan pengiriman Anda.

Anda juga dapat menggunakan Mailtrap untuk memeriksa dukungan HTML dan CSS untuk klien email paling populer, termasuk Gmail, Apple, Mail, dan Outlook, untuk melihat daftar elemen yang tidak didukung, memperbaikinya, dan menguji email Anda lagi.

Fitur ini juga memungkinkan Anda mengoptimalkan email untuk klien atau perangkat email tertentu, termasuk ponsel, tablet, dan desktop.

Mailtrap memiliki versi gratis untuk dicoba oleh pengguna baru dan beberapa langganan premium untuk pekerja lepas, tim, bisnis, dan banyak lagi.