Instagram Perkenalkan Fitur Tag Baru yang Disempurnakan,  Berikan Kredit Lebih Banyak
Instagram luncurkan fitur tag yang disempurnakan agar bisa lebih banyak menandai para kontributor konten (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Instagram telah memperkenalkan fitur baru, yaitu fitur tag yang disempurnakan yang memungkinkan Anda untuk menampilkan lebih banyak detail tentang seseorang yang membantu atau menjadi kolaborator dan memberikan kredit untuk pekerjaan mereka.

Tag yang disempurnakan ini akan menunjukkan peran dari sang kolaborator lainnya seperti fotografer, artis, penulis, atau siapapun yang terlibat mengerjakan suatu konten tetapi tidak selalu langsung. “Kredit dan pengakuan kreatif yang tepat adalah titik awal untuk penemuan, peluang baru, dan pemberdayaan ekonomi,” kata Instagram dalam posting blog.

Dalam mengumumkan opsi penandaan yang diperbarui, perusahaan mengakui bahwa banyak kerja kolaborator dilakukan untuk membuat konten yang dilihat pengguna di aplikasi.

“Bagi banyak kreator kulit hitam dan yang kurang terwakili, pemberian kredit adalah jalan masuk untuk membangun karier yang berkelanjutan sebagai kreator, sambil memerangi apropriasi budaya dan memastikan dunia tahu siapa yang mendorong budaya,” lanjutnya.

Instagram mengatakan bahwa fitur tersebut akan digunakan untuk menyoroti pembuat konten di balik layar yang terkadang tidak diketahui atau tidak diakui, seperti penata rias atau penulis lagu. Tag adalah cara yang lebih resmi untuk menampilkan apa yang telah menjadi kebiasaan beberapa pembuat konten.

Untuk menggunakan tag baru yang disempurnakan, Anda perlu mengetuk "Tandai Orang" saat membuat postingan. Dari sana, Anda harus mengetuk "Tambahkan Tag" dan mencari serta memilih kontributor Anda. Kemudian Anda dapat memilih “Show Profile Category” untuk menampilkan kategori kreator, seperti “stylist” atau “photographer

Pengguna Instagram telah menemukan beberapa metode DIY untuk memberi kredit  orang-orang yang terlibat dalam pembuatan konten. Beberapa pengguna menyebutkan peran dalam keterangan posting dan menandai kolaborator di sana, sementara yang lain telah menandai serangkaian penandaan langsung pada foto atau video yang diposting.