Fitur Tag Instagram Tidak Lagi Hanya untuk Akun, Pengguna Kini Bisa Tandai Produk
Instagram memperbarui fitur tag-nya, (foto: dok. instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Instagram memperbarui fitur tag-nya, yang kini tidak hanya untuk akun saja, melainkan untuk menandai sebuah produk. Sehingga, kini setiap pengguna dapat menandai item tertentu dalam unggahan mereka.

Sampai saat ini, penandaan produk hanya tersedia untuk akun bisnis dan konten kreator, tetapi selama beberapa bulan ke depan, Instagram akan mengizinkan semua pengguna di Amerika Serikat (AS) untuk mengakses tag.

Belum diketahui pasti kapan perusahaan akan memperluas jangkauan kemampuan baru ini ke seluruh penggunanya selain di AS.

Memberi tag pada produk bekerja dengan cara yang sama seperti menandai akun lain, pengguna dapat menambahkannya ke feed postingan dengan mengetuk area tertentu pada gambar mereka. Tag produk tersedia untuk bisnis yang memiliki toko di Instagram.

Media sosial milik Meta ini mengatakan kemampuan baru ini akan memudahkan orang untuk menemukan produk dari orang yang mereka ikuti dan bagi bisnis untuk menumbuhkan audiens mereka di platform.

Pemilik bisnis akan menerima pemberitahuan ketika seseorang di Instagram menandai produk mereka. Mereka juga dapat melihat semua konten yang ditandai di profil mereka di satu tempat.

Sebuah merek juga dapat mengontrol siapa yang menandai produk mereka dengan mengelola preferensi tag produk mereka di pengaturan akun.

“Mendapatkan sepasang anting baru dari bisnis kecil yang Anda sukai? Tandai produk di pos Feed Anda sehingga teman dan pengikut Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang anting-anting dan membelinya," ujar Instagram kepada TechCrunch, Rabu, 23 Maret.

“Orang-orang datang ke Instagram untuk berbagi dan menemukan tren dan inspirasi. Penandaan produk akan memungkinkan siapa saja untuk mendukung bisnis kecil favorit mereka, berbagi bagaimana mereka menata penampilan mereka bersama dengan produk yang mereka gunakan dan banyak lagi," imbuhnya.

Dikatakan Instagram, rata-rata 1,6 juta orang menandai setidaknya satu merek setiap minggu di aplikasi. Perusahaan telah bekerja untuk merampingkan pengalaman berbelanja pengguna di aplikasinya selama beberapa tahun terakhir.

Tahun lalu, Instagram menambahkan fitur baru untuk membantu menghubungkan pembeli online ke produk yang dijual di dalam aplikasi di bagian atas tab Shop, di mana konsumen dapat menemukan, menelusuri, dan berbelanja semua peluncuran produk terbaru serta melihat peluncuran yang akan datang.

Selain itu, pembeli juga dapat mendaftar untuk menerima pengingat tentang produk yang mereka minati dan melihat-lihat produk dan koleksi yang baru-baru ini muncul di Instagram.