Ini Loh Kepanjangan "DCIM" yang Ada di Folder Kamera!
Ilustrasi file komputer (Image by Jonathan Sautter from Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Suka memotret dengan menggunakan smartphone atau kamera digital, pasti tak asing dengan sebuah folder bernama "DCIM". Tapi tahu tidak arti dan kepanjangan dari "DCIM"?

Bahkan tak sedikit kalangan fotografer profesional sekalipun tak tahu arti folder yang satu ini. Secara singkat DCIM merupakan singkatan dari Digital Camera Image, di mana folder ini merupakan standar rujukan baku bagi semua jenis kamera dalam menyimpan data hasil gambar foto yang sudah dijepret. 

Baik menggunakan kamera DSLR, kamera mirrorless, kamera pocket, kamera action, bahkan kamera smartphone dan handphone sekalipun. Folder DCIM ini dibuat secara otomatis, ketika kamera tidak menemukan atau settingan default folder penyimpanan foto yang anda tentukan.

Folder DCIM ini merupakan salah satu ketentuan standar baku dari DCF (Design rule for Camera File System) yang dibuat oleh lembaga teknologi dari Jepang yaitu JEITA (Japan Electronics and Information Technologies Industries Association).

Tujuan dibuatnya DCF ini adalah agar semua jenis kamera bisa saling kompatibel dalam hal penyimpanan data hasil foto. Begitu juga memudahkan software agar bisa mengenali file foto tersimpan. 

Kalau menelusuri di file explorer di komputer, struktur folder DCIM selalu diawali dengan penamaan file, format, dan metadatanya, kemudian diikuti subfolder yang tersimpan di dalamnya. Sebagai contoh 100EOS700D untuk hasil foto yang diambil dari kamera Canon atau 100MSDCF jika menggunakan perangkat Sony. 

Penjelasan folder DCIM (dok. Rumaheditor.com)

Format File

Biasanya metadata dari file juga disusun berdasarkan format dan jenisnya. Umumnya file gambar akan dilabeli dengan JPG, JPEG, PNG, WEBP, GIF, dan JFIF.

Untuk JPG = JPEG, merupakan kepanjangan dari Joint Picture Express Group atau nama kelompok yang dengan algoritma DCT (discrete cosine transform) untuk ukuran file gambar. Ada pula format atau ekstensi JFIF (JPEG File Interchange Format) merupakan standar format file gambar yang diunduh dari internet. 

Kemudian ada PNG atau portable network graphics, WEBP (web pictures). Serta GIF atau graphics interchange format, format ini memungkinkan susunan file foto yang diubah menjadi gambar bergerak dengan resolusi kecil dan durasi pendek.