Apakah Thumbnail Boleh Dihapus? Begini Penjelasannya bagi Pengguna Android
Ilustrasi apakah thumbnail boleh dihapus (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pengguna ponsel Android pastinya sudah akrab dengan file thumbnail. Thumbnail berfungsi untuk menampilkan preview image dari gambar atau file asinya. File Thumbnail akan tersimpan secara terpisah pada folder tertentu di ponsel. Adanya file ini dikeluhkan oleh sejumlah pengguna Android karena cukup memakan ruang penyimpanan. 

Banyak pengguna Android yang bertanya-tanya apakah thumbnail boleh dihapus? File thumbnail yang tersimpan di ponsel kerap bikin memori penuh. Kondisi ini tentunya mengganggu kenyamanan pengguna ponsel. Pengguna jadi kesulitan atau terbatasi ketika ingin menyimpan foto, instal aplikasi dan lainnya. 

Sebagian pengguna Android masih ragu untuk menghapus thumbnail. Namun jika dibiarkan terus menerus dan bertambah maka ruang penyimpanan di ponsel makin cepat habis. Mari simak penjelasan apakah thumbnail boleh dihapus dan cara menghapusnya.

Apa Itu Thumbnail di Android?

File thumbnail digunakan untuk menampilkan preview image atau foto asli yang tersimpan di ponsel. Misalnya ketika pengguna memotret pakai ponsel Android dan ingin melihat hasil fotonya. Gambar yang ditampilkan dan Anda lihat merupakan file thumbnail dari file aslinya yang sudah tersimpan. 

Selain itu, file thumbnail juga berfungsi saat melihat preview beberapa file gambar yang sudah jadi. Cuplikan dari gambar yang Anda lihat di hasil jepretan kamera maupun saat mengedit gambar di ponsel, maka akan tercipta file di folder thumbnail. 

File thumbnail tersebut akan tersimpan secara terpisah dari file aslinya. Biasanya file ini tersimpan di folder tertentu. Hal ini secara tidak langsung memakan ruang penyimpanan di ponsel. Semakin sering pengguna memfoto atau edit gambar di ponsel, maka jumlah file thumbnail juga bertambah banyak dan semakin menguras memori. 

Apakah Bahaya Menghapus Thumbnail?

File thumbnail akan tersimpan di folder utama DCIM yang menjadi memori penyimpanan ponsel Android. Satu thumbnail bisa memiliki ukuran file yang sama persis dengan ukuran foto atau gambar asli. Bayangkan jika tersimpan banyak thumbnail, maka Anda di ponsel Anda banyak file duplikat yang bikin memori sesak. 

Banyaknya file thumbnail yang tersimpan di ponsel cukup menghabiskan ruang penyimpanan. Apalagi bagi pengguna Android yang kapasitas memorinya terbilang kecil, pastinya sangat mengganggu. Lantaran ketidaknyamanan ini, banyak pengguna Andorid yang kepikiran untuk menghapus thumbnail. 

Ternyata menghapus thumbnail merupakan langkah yang aman-aman saja. Tidak ada efek samping dari penghapusan thumbnail terhadap kinerja sistem. Thumbnail boleh dihapus karena hanya sekadar file duplikat atau bukan file aslinya. 

Jadi Anda tidak perlu ragu untuk menghapus thumbnail karena file ini hanya untuk menampilkan preview gambar. Nggak perlu mencemaskan keberadaan foto asli ketika menghapus thumbnail. Foto atau gambar asli tetap aman dalam penyimpanan ponsel Anda. 

Bahkan pengguna Android disarankan untuk menghapus thumbnail apabila ruang penyimpanan sudah penuh. Menyingkirkan thumbnail dari penyimpanan DCIM terbukti bisa menghindari memori penuh. Ketika thumbnail dihapus, maka ruang penyimpanan bisa kembali luas atau kapasitasnya kian longgar.  

Cara Menghapus Thumbnail di Ponsel Android

Berikut ini langkah-langkah menghapus thumbnail yang perlu dilakukan oleh pengguna ponsel Android:

  1. Silakan masuk ke menu atau aplikasi file manager. Perlu diingat bahwa di setiap ponsel mungkin ada perbedaannya dalam aplikasi pengelolaan berkas. 
  2. Selanjutnya buka drive ‘perangkat saya’. Kemudian temukan folder ‘DCIM’. Folder ini berisi file dari hasil foto kamera ponsel. 
  3. Lalu cari folder dengan nama ‘thumbnails’.
  4. Setelah itu akan terbuka halaman yang berisi thumbnail data. Selanjutnya tinggal menghapus file dengan menyeleksi atau pilih semuanya langsung. 
  5. Sudah selesai dan bisa keluar dari aplikasi manager file. 

Demikianlah jawaban dari apakah thumbnail boleh dihapus dan langkah-langkahnya. Pengguna Android boleh menghapus file thumbnail tanpa khawatir adanya error atau permasalahan pada file aslinya. Cara ini justru bisa mengembalikan ruang penyimpanan Anda menjadi luas atau bertambah banyak lagi. Baca juga cara download reels Instagram dengan audio.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.