Bagikan:

JAKARTA – Meski YouTube merupakan salah satu platform video yang populer untuk digunakan, aplikasi ini tetap memiliki kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah thumbnail playlist yang tidak bisa diubah.

Saat pengguna membuat playlist video, thumbnail akan menggunakan video teratas. Pengguna bisa mengakses opsi Set As melalui situs web YouTube, tetapi mereka hanya bisa memilih thumbnail berdasarkan salah satu video di playlist.

Ini menunjukkan bahwa fitur yang tersedia di YouTube masih memiliki beberapa kekurangan. Tak sedikit pengguna yang ingin mengubah thumbnail di playlist videonya agar lebih estetik sehingga fitur mengubah thumbnail sangat dibutuhkan.

Meski fitur ini belum ada, YouTube sedang mengembangkan fitur ini. Belum diketahui kapan fiturnya akan ditambahkan, tetapi string-nya sudah terlihat di versi beta. Kemungkinan besar, versi stabilnya tidak akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Ditemukan pertama kali oleh Android Authority, YouTube untuk Android dengan versi 19.26.33 beta memperlihatkan string untuk pengubahan thumbnail di playlist. String ini menunjukkan bahwa pengguna bisa mengakses thumbnail melalui galeri.

Ada beberapa dialog yang akan muncul saat menggunakan fitur baru ini, seperti Coba Lagi, Tutup, dan Unggahan Gagal. Artinya, pengguna harus mengunggah gambar sesuai dengan ukuran gambar yang telah ditentukan YouTube.

Belum diketahui berapa ukuran yang didukung di fitur ini. Namun, berdasarkan penemuan saat ini, pengguna hanya bisa mengubah thumbnail saat baru pertama kali membuat playlist. Pengguna tidak bisa mengubah thumbnail di playlist lama.