Para Peneliti Temukan Alcyoneus, Galaksi Terbesar Berukuran 153 Kali Bima Sakti
Galaksi di alam semesta masih terus bermunculan. (foto: dok. pixabay)

JAKARTA - Baru-baru ini ilmuwan menemukan Galaksi terbesar yang pernah dan ditemukan oleh para astronom. Galaksi ini berukuran 153 kali ukuran Bima Sakti, galaksi kita.

Galaksi ini dinamakan Alcyoneus. Ilmuan mengklaim, galaksi ini berjarak sekitar 3 miliar tahun cahaya dari Bumi dan panjangnya kira-kira 16,3 juta tahun cahaya. Sebagai perbandingan, Bima Sakti ukurannya hanya di bawah 106.000 tahun cahaya.

Alcyoneus telah diidentifikasi sebagai galaksi radio raksasa, dan berisi galaksi induk bersama dengan jet dan lobus besar yang meletus dari pusatnya.

Sedikit yang diketahui tentang galaksi radio misterius ini, tetapi para ahli berpendapat bahwa pancaran dan lobus yang terkait dengannya adalah produk sampingan dari lubang hitam supermasif yang aktif di pusat galaksi.

Sebuah lubang hitam didefinisikan sebagai 'aktif' ketika memakan, atau 'meningkatkan', material dari piringan material raksasa di sekitarnya.

Namun, tidak semua materi ini berakhir di luar cakrawala peristiwa, karena sebagian kecil disalurkan dari bagian dalam piringan ke kutub, di mana ia diledakkan ke luar angkasa dalam bentuk pancaran plasma terionisasi.

Jet-jet ini mampu menempuh jarak yang sangat jauh dengan kecepatan cahaya, sebelum menyebar ke lobus pemancar radio raksasa.

Terlepas dari ukuran Alcyoneus, jenis lobus radio yang dipancarkannya tidak luar biasa. Bima Sakti kita juga dikenal memiliki lobus radionya sendiri.

Namun salah satu hal paling misterius tentang Alcyoneus dan galaksi besar lainnya   adalah bagaimana mereka tumbuh begitu besar.

Para peneliti yang dipimpin oleh Observatorium Leiden di Belanda berharap penemuan mereka tentang Alcyoneus dapat membantu menjelaskan bagaimana galaksi radio terbentuk dan mengapa mereka begitu besar.

"Jika ada karakteristik galaksi induk yang merupakan penyebab penting bagi pertumbuhan galaksi radio raksasa, maka tuan rumah dari galaksi radio raksasa terbesar kemungkinan akan memilikinya,"  kata Martijn Oei, dari Observatorium Leiden, seperti dikutip oleh Dailymail.

"Demikian pula, jika ada lingkungan skala besar tertentu yang sangat kondusif untuk pertumbuhan galaksi radio raksasa, maka galaksi radio raksasa terbesar kemungkinan akan berada di dalamnya," tambah Oie.

Oei dan timnya menemukan galaksi terbesar ini saat mencari outlier dalam data yang disusun oleh Low Frequency Array (LOFAR) di Eropa. LOFAR terdiri dari sekitar 20.000 antena radio, tersebar di 52 lokasi di seluruh benua.

Para peneliti harus menghapus sumber radio kompak dari gambar untuk membantu mendeteksi lobus radio dan mengoreksi distorsi optik, yang pada gilirannya membawa mereka ke Alcyoneus.

Menurut para astronom yang terlibat dalam penelitian ini, galaksi terbesar yang diketahui dikelilingi oleh jaring kosmik lebih dari 240 miliar kali massa matahari.

Mereka juga berpikir lubang hitam supermasif di pusat Alcyoneus besarnya sekitar 400 juta kali massa matahari. Meskipun kedua parameter tersebut terdengar sangat besar, mereka sebenarnya berada di bawah untuk galaksi radio raksasa.

"Di luar geometri, Alcyoneus dan inangnya sangat biasa-biasa saja: total kerapatan luminositas frekuensi rendah, massa bintang, dan massa lubang hitam supermasif semuanya lebih rendah, meskipun serupa dengan, galaksi radio raksasa medial," tulis para penulis dalam laporan mereka.

"Jadi, galaksi yang sangat masif atau lubang hitam pusat tidak diperlukan untuk menumbuhkan raksasa besar, dan, jika keadaan yang diamati mewakili sumber selama masa hidupnya, begitu pula daya radio yang tinggi," tulis laporan itu.

Para peneliti berharap penelitian mereka akan membantu para astronom mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana galaksi radio berasal, seberapa banyak Alcyoneus dapat tumbuh dan pada tingkat berapa, dan apakah galaksi yang lebih besar dari itu masih ada di luar sana.