5 Momen Foto Paling Fenomenal Sepanjang Sejarah
Tangkapan layar Time 100 Photos

Bagikan:

JAKARTA - Banyak momen sejarah terjadi di dunia ini tanpa kita ketahui. Terkadang minimnya informasi membuat sebagian masyarakat menjadi salah paham untuk menyikapinya. 

Untuk itu, diperlukan bukti fisik termasuk foto agar orang percaya bahwa momen itu terjadi apa adanya. Bahkan di antara itu semua, ada foto-foto yang berhasil mengubah persepsi dunia. 

Berikut kumpulan foto paling fenomenal dan berpengaruh sepanjang masa. Lebih lengkapnya foto-foto tersebut bisa dilihat di laman Majalah Time 100 Photos:

1. Burung Pemakan Bangkai dan Anak Kecil Kelaparan

Peristiwa kelaparan memang kerap terjadi di belahan dunia manapun, termasuk yang paling parah adalah Afrika. Seorang fotografer Kevin Carter pada 1993 lalu mengabadikan sebuah foto yang bercerita tentang kelaparan di selatan Sudan.

Dalam perjalanannya memotret di desa Ayod, Carter mengabadikan sebuah foto yang sangat fenomenal. Di mana seekor burung pemakan bangkai tengah memperhatikan seorang anak balita bertubuh kurus meringkuk di depannya. 

(Kevin Carter/New York Times, 1993)

New York Times mempublikasikan foto ini pada 26 Maret 1993. Foto itupun mendapat kritikan pedas dari masyarakat karena menganggap Carter yang tidak membantu anak tersebut dan justru memotretnya. 

Carter memenangkan Pulitzer karena fotonya itu. Kendati demikian, Carter pun dihantui rasa bersalah karena telah mengabadikan foto tersebut hingga akhirnya dia ditemukan tewas bunuh diri, pada Juli 1994.

2. Manusia Pertama di Bulan

Astronaut di Bulan (dok. NASA/1969)Caption

Seperti yang kita tahu, Neil Amstrong dinobatkan menjadi manusia pertama yang menginjakan kaki di Bulan. Menyusul astronaut Buzz Aldrin yang juga menginjakkan kakinya di Bulan pada 20 Juli 1969.

Selama 2,5 jam keduanya mengeksplorasi permukaan bulan. Sebagai bukti pernah berada di bulan mereka mengabadikan foto dengan menancapkan bendera Amerika Serikat.

"Di sini, manusia-manusia dari planet Bumi yang pertama kali menginjakkan kaki di Bulan. Juli 1969 M. Kami datang dalam damai bagi seluruh manusia," kata yang tertulis di Plakat itu.

3. Perang Dunia Kedua di Prancis

Menjadi fotografer perang bukanlah hal yang mudah, penuh risiko sampai terancam nyawa. Itulah yang dialami Robert Capa. Begitu banyak rekam jejak perang yang didokumentasikan Capa. Mulai dari Perang Dunia Kedua, Afrika Utara hingga Sisilia di Italia.

Robert Capa/Magnum Photos: International Center of Photography

Namun, karya Capa yang paling berpengaruh adalah pendaratan Normandia di Prancis selama Perang Dunia Kedua. Saat itu, Capa berada di tengah hujan peluru antara Sekutu dan Jerman.

Tanpa bekal senjata api dan hanya memegang kamera foto. Lensa yang digunakan terbilang pendek yakni 50 milimeter maka hanya memungkinkan memotret dari jarak dekat. Serangan tersebut merupakan awal dari kekalahan besar Adolf Hitler dan Nazi.

4. Dampak Perang Suriah

Perang Suriah telah berlangsung selama lebih dari empat tahun. Tak sedikit warga Suriah yang mengungsi akibat perang. 

Nilufer Demir dari Dogan News Agency

Berbagai macam cara dilakukan, termasuk mengarungi lautan dengan perahu karet untuk melarikan diri dari wilayah konflik. Namun naas bagi Alan Kurdi, seorang bocah berusia 3 tahun yang tewas setelah tersapu ombak di lepas pantai Turki.

Momen inilah yang diabadikan Nilufer Demir dari Dogan News Agency, saat menemukan bocah malang tersungkur di pinggir pantai. Sontak foto yang diabadikan Nilufer, membangkitkan kepedulian masyarakat dunia terhadap para pengungsi Suriah. 

5. Muhammad Ali vs Sonny Liston

Neil Leifer/1965

Begitu banyak fotografi hebat berada di tempat yang tepat pada saat yang tepat. Seperti itulah keadaan fotografer olahraga Neil Leifer ketika mengabadikan foto pertandingan tinju kelas berat, Muhammad Ali melawan Sonny Liston, pada 25 Mei 1965.

Di mana Leifer menjepret foto Muhammad Ali yang berhasil memukul K.O Sonny Liston. Dengan komposisi pencahayaan dan momen yang tepat, foto tersebut menjadi salah satu gambar olahraga yang paling populer di tahun 60-an.