Cek Fakta, Gubernur Anies Dapat Penghargaan Provinsi dengan Jumlah COVID-19 Tertinggi!
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Humas DKI Jakarta)

Bagikan:

JAKARTA - Seiring dengan kembali diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan jadi perbincangan publik.

Bahkan, beredar gambar foto Anies yang mendapatkan penghargaan sebagai Provinsi Jumlah COVID-19 Tertinggi. Foto tersebut disandingkan dengan tautan berita CNBC berjudul "Hari Ini Rekor Tertinggi Kedua Kasus Corona di DKI Pecah Lagi".

"Prestasi yang dibanggakan oleh pengikutnya," tulis pengunggah foto tersebut di grup Facebook, Kamis, 10 September.

Penelusuran VOI, foto itu diunggah oleh akun Facebook Sam Budi, pada 8 September. Unggahan foto tersebut telah mendapatkan 38 like dan 65 komentar dari anggota grup tersebut.

Mengutip laman Turnbackhoax.id dan CekFakta.com, foto Anies memegang piagam pnghargaan merupakan hasil manipulasi atau hoaks. Di mana momen asli dari foto tersebut didapatkan Anies setelah menerima penghargaan untuk kategori Badan Publik Pemerintah Provinsi Kualifikasi Informatif dari Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia pada 22 November 2019.

manipulasi foto (dok. TurnBackHoax.id)

Foto itu juga yang disandingkan dengan artikel CNBC Indonesia. Padahal dalam artikel aslinya, menggunakan foto dari Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta Barat yang diambil oleh Tri Susilo/CNBC Indonesia.

Momen foto Anies saat menerima penghargaan juga telah diverifikasi, sejumlah media seperti Kumparan dan RMOLJakarta. Di mana kedua media tersebut juga mengambil foto Anies dengan momen yang sama. 

Dengan begitu, unggahan akun Facebook Sam Budi menurut kategori Misinformasi dan Disinformasi dari First Draft dapat disebut sebagai konten yang dimanipulasi dengan definisi ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu.