Jangan <i>Lebay</i> Ucapkan "Anjay", Ini Dia Pemilik Nama Anjay Saiful Islam
Foto Anjay Saiful Islam (Instagram @Anjay_saiful_islam)

Bagikan:

JAKARTA - Belakangan ini, penggunaan kata "Anjay" masih terus menjadi sorotan publik. Terlebih setelah kata tersebut dipermasalahkan oleh selebgram Lufti Agzial dan Komisi Perlindungan Anak (Komnas PA) yang menganggap penggunaan kata "Anjay" mengandung makna perundungan.

Namun siapa sangka, jika kata tersebut benar digunakan sebagai nama seseorang. Melalui akun Instagram pribadinya, pria yang berasal dari Pekanbaru, Riau ini memang memiliki nama lengkap Anjay Saiful Islam. 

Dirinya sadar dengan hebohnya kata "Anjay" di media sosial, lambat laun namanya juga akan ikut menjadi sorotan publik. Terlebih penggunaan kata "Anjay" yang berkonotasi negatif dan bisa digunakan sebagai bentuk pengganti nama binatang.

Lewat unggahan di Instagram, Anjay mengungkapkan perasaannya di tengah polemik kata Anjay. Pria kelahiran tahun 1999 itu mengaku bangga meski banyak mengalami suka dan duka.

"Kata "Anjay" punya arti Anjing (versi Google), kamu langsung shock. Terus setiap orang yang manggil kau sambil kayak ada senyum-senyumnya gitu, kamu langsung insecure," tulis Pria yang berkuliah di Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska), Pekanbaru itu.

Awalnya dia sempat tersinggung karena namanya yang dipelesetkan sebagai kata pengganti anjing. Namun begitu tahu nama pemberian orang tuanya memiliki makna yang baik, ia pun akhirnya dapat menerima dengan lapang dada.

Bahkan dari penelusurannya kata "Anjay" tertulis dalam Alquran Surat Al-Baqarah ayat: 50 yang memiliki makna menyelamatkan. Setidaknya ada 23 kali kata "Anjay" dalam bahasa Arab dan turunannya ada di Alquran.

"Jadi untuk kamu yang punya nama "Anjay" sama kayak aku banggalah! Karna namamu punya arti yang dalam, baik itu di bahas Arab atau bahasa Al-Quran," tulis Anjay.

"Perkenalkan. Namaku Anjay Saiful Islam panggil aja Anjay dan aku bangga dengan nama yang telah diberikan oleh orang tua ku kepada ku," tambahnya. 

Dapat Dukungan dari Ridwan Kamil

Penggunaan kata "Anjay" memang masih jadi sorotan, ditambah kemunculan gambar e-KTP dan kartu mahasiswa dari pemilik nama Anjay Saiful Islam di lini masa. Bahkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga ikut bersuara. 

Melalui akun Instagram miliknya, Ridwan Kamil justru memberi semangat kepada salah satu pria pemilik nama lengkap Anjay Saiful Islam, yang memiliki nama panggilan, "Anjay". Padahal, "Anjay"  memiliki arti nama yang baik dan juga tertuang dalam kitab suci.

"Simpati saya buat Bang @Anjay_saiful_islam. Sing sabar dan Insya Allah semua ada hikmahnya," tulis pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Tangkapan layar Instagram @RidwanKamil

Ridwan Kamil pun merasa bahwa belakangan masyarakat telah diramaikan dengan hal yang tak terlalu penting. Untuk menghibur Anjay Saiful Islam, Ridwan Kamil mengajak warganet memberikan semangat kepada "Anjay".

"Hari-hari ini kita sering bising oleh hal yang remeh temeh dan sering menghabiskan waktu produktif kita. Ayo kita semangati dengan hadiahi bang Anjay dengan follow akunnya," lanjutnya.

Hingga kini, postingan pribadi Anjay telah disukai lebih dari 16 ribu warganet. Mereka memberikan semangat kepada Anjay yang namanya kerap digunakan untuk plesetan maupun kata gurauan.