Tambah 68 BTS, Telkomsel Jamin Jaringan Seluler Selama Pramusim MotoGP Berjalan Lancar
Telkomsel menambah 68 menara BTS 4G/LTE (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Perhelatan Pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, menuntut teknologi informasi dan digital yang sempurna. Guna memenuhi kebutuhan itu, Operator seluler Telkomsel menjamin jaringan seluler pada acara tersebut akan lancar tanpa gangguan.

"Telkomsel sebagai bagian dari TelkomGroup mendukung digitalisasi di salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI yakni kawasan Mandalika. Terutama jelang berlangsungnya even olahraga balap internasional, MotoGP 2022," kata Direktur Jaringan Telkomsel, Nugroho, dalam keterangan pers, Sabtu, 12 Februari.

Personel Telkomsel beberapa waktu lalu datang langsung ke Mandalika untuk memastikan konektivitas 4G/LTE dan layanan lainnya berjalan lancar pada Pramusim MotoGP 2022 Mandalika, yang berlangsung 11-13 Februari.

Operator seluler tersebut sudah melakukan optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan broadband 4G/LTE dan 5G untuk keperluan mengadakan pameran.

Mereka bahkan menambah 68 menara BTS 4G/LTE, guna melengkapi total 382 menara yang sudah ada untuk melayani konsumen di Mandalika. Optimalisasi jaringan yang dilakukan berupa penambahan kapasitas dan penguatan kualitas di seluruh BTS 4G/LTE tersebut.

Telkomsel memprediksi akan ada lonjakan lalu lintas broadband menjelang MotoGP 2022 pada 18 Maret, yaitu di Mandalika International Street Circuit, lokasi penginapan, wisata kuliner, tempat wisata, pusat medis dan titik transportasi seperti bandara dan pelabuhan.

Operator seluler ini juga menambah enam unit compact mobile BTS untuk memperkuat jaringan broadband di kawasan Sirkuit Mandalika.

Mereka juga membuka pameran Telkomsel 5G Experience Center di kawasan Sirkuit Mandalika, antara lain memamerkan penggunaan 5G untuk pariwisata, operasional industri otomotif, gaming balap dengan perangkat virtual reality, pelatihan dan kolaborasi virtual pada industri otomotif dan penggunaan pesawat tanpa awak.

Sebenarnya, Indonesia sudah mengadopsi jaringan 5G secara terbatas di beberapa lokasi sejak pertengahan tahun lalu, misalnya di beberapa titik di Jakarta. Telkomsel merupakan operator seluler pertama yang menggelar jaringan 5G untuk komersial di Indonesia.