Kemenkominfo Pastikan Jaringan 5G Akan Mulai Merata Pada 2025
Jaringan 5G di Indonesia bakal merata secara keseluruhan pada 2025 mendatang. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan jaringan 5G di Indonesia bakal merata secara keseluruhan pada 2025 mendatang.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kemenkominfo, Ismail menjelaskan bahwa implementasi 5G sudah dilakukan sejak 2021, tetapi membutuhkan waktu hingga 2025 dalam pemerataannya.

“Pemerintah menelaah pengalaman dari implementasi 4G membutuhkan waktu sekitar enam sampai tujuh tahun yang terus berkembang di Indonesia hingga saat ini. Maka 5G tentu kita harapkan akan bisa lebih cepat dari itu, waktunya sejak diimplementasikan tahun 2021," ungkap Ismail dalam keterangannya situs resmi Kemenkominfo, Senin, 7 Februari.

"Kita harapkan 2024 sampai 2025 sudah bisa meluas dan merata seperti halnya kondisi 4G seperti sekarang," imbuhnya.

Ismail menyatakan, jika 5G dapat diterapkan dalam waktu cepat artinya kemungkinan besar Indonesia akan menanggung biaya learning dari sebuah teknologi 5G.

Namun, sebaliknya jika terlalu lambat hanya akan menjadi pasar untuk tidak bisa ikut serta dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Dimulainya 5G, kata Ismail ditandai dengan tiga operator besar di Indonesia yakni Telkomsel, Indosat dan XL Axiata. Ketiganya sudah membangun 5G di beberapa kota dalam bentuk spot area.

“Tapi kita tentu belum cukup puas dalam kondisi seperti ini, masih banyak tantangan-tantangan yang harus dikembangkan lagi agar implementasi 5G bisa berkembang sangat cepat atau lebih cepat dari yang kita harapkan,” kata Ismail.

Ismail menuturkan, bahwa telekomunikasi 5G merupakan evolusi teknologi dan menjadi sebuah keniscayaan. Sehingga di era transformasi digital tidak ada yang bisa membendung perkembangan dari teknologi 5G itu sendiri.

"Jadi implementasi 5G ini merupakan sebuah keniscayaan, tapi harus kita atur ritme dan timing-nya agar implementasinya benar-benar produktif buat kepentingan bangsa dan negara,” ujar Ismail.

“Perkembangan teknologi, apalagi yang sudah bersifat global seperti 5G tentu akan hadir ke semua negara termasuk di Indonesia. Posisi kita juga sangat jelas bahwa 5G adalah salah satu alternatif solusi untuk meng-enhance dan mempercepat proses transformasi digital di Indonesia,” tambahnya.

Dibandingkan generasi teknologi sebelumnya, Ismail menilai perkembangan 5G memberikan nuansa yang berbeda. Ia menyontohkan ketika Indonesia bermigrasi dari teknologi 3G ke 4G, sebagian besar isu hanya persoalan kecepatan.

“Jadi isu kita yang paling dominan ketika kita berpindah dari 3G ke 4G itu adalah melakukan peningkatan user experience, meningkatkan kecepatan transformasi informasi data atau koneksi melalui internet menggunakan teknologi mobile broadband. Tapi perkembangan dari 4G ke 5G agak berbeda, karena 5G memberikan nuansa yang lebih luas dari sekadar masalah user experience,” tutup Ismail.