Dubai Menjadi Tuan Rumah The Jet, Kapal Bertenaga Hidrogen yang Melayang di Atas Permukaan Air
The Jet, inovasi baru kapal bertenaga hidrogen. (foto: dok. the Jet)

Bagikan:

JAKARTA - Kapal bertenaga hidrogen pertama di dunia, yang dapat terbang setinggi tiga kaki di atas permukaan air akan dibangun di Dubai tahun depan.  Kapal yang disebut 'The Jet' ini bertenaga dua sel bahan bakar hidrogen yang tidak menghasilkan emisi saat berlayar di atas ombak 'dalam keheningan'.

Sel bahan bakar hidrogen menghasilkan listrik dengan mencampurkan hidrogen dan oksigen dalam pelat yang diperlakukan secara khusus, yang digabungkan untuk membentuk 'tumpukan' sel bahan bakar yang lebih besar.

The Jet juga akan menggunakan 'hydrofoils' – bilah seperti sayap di bawah lambung yang memotong air saat kapal melaju, menciptakan gaya angkat, mirip dengan aerofoil yang digunakan di pesawat terbang.

Setelah dibangun, The Jet akan menjangkau 32 kaki, berat 6 ton dan mampu mengangkut hingga 12 penumpang ditambah pilot di atas perairan dengan kecepatan jelajah hingga 40 knot, atau 46 mil per jam.

Perancang Jet adalah perusahaan rintisan THE JET ZeroEmission yang berbasis di Swiss. Mereka telah menandatangani perjanjian dengan Zenith Marine Services UEA untuk memproduksi kendaraan tersebut.

Dubai juga akan menjadi tuan rumah uji coba pertama kendaraan tersebut, pada November 2023, bertepatan dengan COP28, Konferensi Perubahan Iklim PBB tahun depan.

THE JET ZeroEmission didirikan oleh yachtsman asal Prancis, Alain Thébault, dan telah berhasil mendapatkan bagian investasi yang dibutuhkan sebesar 10 juta Euro (Rp 161 miliar ) sebagai bagian dari perjanjian. Perusahaan belum menutup investasi, dan tertarik untuk berdiskusi dengan calon investor baru.

“Kami senang membuat pengumuman ini dari Dubai, dan dapat memproduksi dan meluncurkan The Jet, yang akan menjadi kapal pertama di dunia yang berlayar tanpa kebisingan, ombak, atau emisi dan memiliki kemampuan terbang 80cm di atas perairan,” kata Thébault, seperti dikutip Dailymail.

“Dubai adalah tujuan ideal bagi para inovator dan perusahaan dari seluruh dunia untuk mengembangkan proyek inovatif mereka dan mencapai kesuksesan yang mereka inginkan, itulah sebabnya kami mengumumkan The Jet, sebuah proyek yang saya miliki hak istimewa untuk mengandung bersama tim,” ucapnya.

“Kami berharap dapat bertemu dengan mereka yang tertarik dengan kapal terbang yang menakjubkan ini di KTT Iklim Internasional ke-28 (COP28 UEA) yang akan diselenggarakan di UEA,” tambahnya.

Menurut THE JET ZeroEmission, The Jet terutama akan didedikasikan untuk melayani transportasi hotel dan “individu eksklusif”, dan akan tersedia di tempat yang paling glamor di dunia, seperti Dubai.

“Kami membuat orang mengalami perjalanan perahu yang dikuratori, terbang dalam keheningan dan indah di atas perairan pantai, sungai, dan danau yang paling glamor,” tambahnya.

Wahana ini akan dilengkapi dengan dua sel bahan bakar dan AC serta teknologi ramah lingkungan lainnya yang membantu mengurangi emisi karbon.

Membawa The Jet ke perairan Dubai akan menjadi langkah maju bagi industri teknologi bersih, yang berfokus pada alternatif yang lebih ramah lingkungan untuk membakar bahan bakar fosil dan sumber daya polusi lainnya.

Pada tahun 2017, UEA meluncurkan Strategi Energi Bersih Dubai 2050. Di bawah Strategi ini, Dubai bertujuan untuk menghasilkan 75 persen kebutuhan energinya dari sumber bersih pada tahun 2050.

Hydrofoil sendiri pertama kali disusun oleh insinyur Paris Emmanuel Denis Farcot pada tahun 1869. Kapal hydrofoil lebih cepat dari kapal desain konvensional tetapi terbatas pada ukuran sedang..