Disneyland dan Perusahaan Hiburan Lainnya, Bersiap Masuki Dunia Metaverse dan NFT
Disneyland ingin masuki dunia metaverse. (foto: twitter @disney)

Bagikan:

JAKARTA – Menyusul pengumuman bahwa perusahaan induk Facebook akan melakukan rebranding dalam pergeseran menuju Metaverse, banyak proyek telah memulai inisiatif serupa memasuki ruang virtual. Proyek itu mulai dari membeli properti hingga menguji batas dari apa yang ditawarkan alam semesta ini.

Disneyland, perusahaan hiburan di balik beberapa taman hiburan paling populer di dunia baru-baru ini memiliki paten yang disetujui untuk "simulator dunia maya di tempat dunia nyata." Meskipun Los Angeles Times melaporkan bahwa Disney "tidak memiliki rencana saat ini" untuk menggunakan simulator dalam waktu dekat, aplikasi tersebut menyarankan tamu Disneyland dan Disney World pada akhirnya dapat melihat atraksi Metaverse di satu atau lebih taman di Amerika Serikat, Hong Kong, Cina, Prancis, dan Jepang.

Teknologi ini akan bekerja dengan melacak pengunjung menggunakan ponsel mereka dan menghasilkan serta memproyeksikan efek 3D yang dipersonalisasi ke ruang fisik terdekat, seperti dinding dan objek lain di taman.

Menurut aplikasi paten, kemungkinan Disney terjun  ke Metaverse dapat "memberikan pengguna pengalaman virtual 3D individual yang realistis dan sangat imersif tanpa mengharuskan pengguna tersebut memakai perangkat tampilan AR augmented reality."

Pada Senin, 10 Januari, penyelenggara konser Metaverse Animal Concerts mengumumkan telah menandatangani kesepakatan dengan jaringan Klaytn, unicorn Korea Selatan Kakao sebagai bagian dari rencana untuk meningkatkan eksposurnya ke industri hiburan negara itu. CEO Animal Concerts, Colin Fitzpatrick, mengatakan bahwa "Tujuan utama Klaytn adalah NFT dan Metaverse."

“Keterbatasan teknis melarang berapa banyak orang yang benar-benar dapat menghadiri konser di Metaverse,” kata Fitzpatrick, merujuk pada masalah skalabilitas. Dia bertujuan untuk membangun jaringan tempat virtual di seluruh platform Metaverse yang ada dan yang baru untuk menyelenggarakan konser dengan berbagai bakat, tampaknya termasuk artis K-pop.

Linden Lab, perusahaan di balik dunia online virtual Second Life, juga mengumumkan pada Kamis 13 Januari, bahwa sang pendiri, Philip Rosedale, akan bergabung kembali dengan proyek tersebut sebagai penasihat strategis bersama dengan anggota tim Metaverse dari perusahaan VR yang berbasis di San Francisco, High Fidelity. Menurut perusahaan itu, penambahan talenta baru dan lama akan memfasilitasi masuknya Second Life ke Metaverse.

“Dunia virtual tidak perlu menjadi distopia,” kata Rosedale, seperti dikutip Cointelegraph. “Big Tech memberikan headset VR dan membangun metaverse pada platform modifikasi perilaku yang digerakkan oleh iklan tidak akan menciptakan utopia digital tunggal yang ajaib untuk semua orang.”

Diluncurkan pada tahun 2003, Second Life adalah salah satu pengalaman dunia maya paling awal sebelum konektivitas platform media sosial modern seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Rosedale berangkat sebagai CEO Linden Labs pada tahun 2008 sebelum melanjutkan untuk mendirikan High Fidelity pada tahun 2013. Kembalinya dia dapat menandai tonggak penting untuk memasukkan ide-ide bertema Metaverse baru ke dalam platform yang sudah mapan.