Grab Melantai di Bursa Nasdaq, Sempat Melejit Namun Akhirnya Nilai Saham Turun 20 Persen
Grab terus melebarkan sayap bisnisnya. (foto: pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Saham Grab, perusahaan transportasi dan pengiriman terbesar di Asia Tenggara, turun lebih dari 20% dalam debutnya si bursa saham Nasdaq pada Kamis, 2 November menyusul rekor merger perusahaan senilai 40 miliar dolar AS dengan perusahaan cek kosong, yang dibuat untuk mencari pendanaan baru.

Saham Grab naik sebanyak 21% pada menit pertama setelah pencatatan sebelum mundur untuk diperdagangkan 23% lebih rendah pada 8,51 dolar AS per lembar pada 18.34 GMT.

"Harga tidak ada bedanya bagi saya. Saya akan merayakan malam ini dan kembali bekerja besok," kata Kepala Eksekutif Grab, Anthony Tan, kepada Reuters sesaat setelah saham mulai diperdagangkan.

Daftar backdoor di Nasdaq menandai titik tertinggi bagi perusahaan Singapura yang berusia sembilan tahun yang dimulai sebagai aplikasi ride-hailing dan sekarang beroperasi di 465 kota di delapan negara, yang menawarkan pengiriman makanan, pembayaran, asuransi, dan produk investasi.

Grab memulai listing di A.S. terbesar oleh perusahaan Asia Tenggara dengan acara “membunyikan lonceng” di Singapura, yang diselenggarakan oleh Nasdaq dan eksekutif Grab.

Acara ini dihadiri oleh sekitar 250 orang termasuk investor, pengemudi, pedagang dan karyawan, dengan banyak mengenakan pakaian hijau khas perusahaan.

Tepuk tangan gemuruh bergema di ballroom hotel saat Tan yang emosional berterima kasih kepada mereka karena telah menempatkan Grab dan ekonomi teknologi Asia Tenggara di peta global.

CEO Tan dan Tan Hooi Ling mengembangkan perusahaan dari ide untuk kompetisi usaha Harvard Business School pada tahun 2011. Kedua Tan tidak terkait.

Daftar tersebut muncul setelah kesepakatan Grab pada April lalu untuk bergabung dengan investor teknologi AS, Altimeter Capital Management SPAC, Altimeter Growth Corp dan mengumpulkan 4,5 miliar dolar AS, termasuk 750 juta dolar AS dari Altimeter.

Flotasi Grab "akan memberikan penyangga uang tunai yang lebih besar" untuk "pembakaran uangnya", kata S&P Global Ratings dalam sebuah catatan. Tetapi dikatakan "kualitas kredit perusahaan terus dibatasi oleh operasinya yang merugi, dan arus kas operasi bebas bisa negatif selama 12 bulan ke depan."

Ekonomi internet Asia Tenggara diperkirakan meningkat dua kali lipat menjadi 360 miliar dolar AS dalam nilai barang dagangan kotor pada tahun 2025, mendorong saingan Grab, termasuk perusahaan internet regional Sea Ltd  dan Grup GoTo Indonesia, untuk meningkat.

GoTo merencanakan IPO lokal pada 2022 setelah menyelesaikan penggalangan dana pribadi senilai 2 miliar dolar AS, kata sebuah sumber kepada Reuters.

“Dalam jangka panjang, kami sangat senang dengan Grab Financial Group,” kata Chris Conforti, mitra di Altimeter Capital, mengacu pada unit layanan keuangan Grab. "Saya pikir kurva lonceng itu jauh lebih luas dalam hal apa hasilnya, tapi bisa sangat besar."

CEO Tan, 39, memperluas Grab menjadi operasi regional dengan berbagai layanan, setelah meluncurkannya sebagai aplikasi taksi di Malaysia pada 2012. Kemudian memindahkan kantor pusatnya ke Singapura.

"Apa yang telah kami tunjukkan kepada dunia adalah bahwa perusahaan teknologi dalam negeri dapat mengembangkan teknologi hebat yang dapat bersaing secara global, bahkan ketika pemain internasional ada di kota ini," kata Tan kepada Reuters dalam sebuah wawancara pada hari Rabu. "Kami bisa bersaing dan menang."

Dia akan mengendalikan 60,4% hak suara bersama dengan salah satu pendiri Grab, dan presiden Ming Maa, tetapi hanya memegang 3,3% saham dengan mereka.