Imbas Kebakaran STO, Layanan Telkomsel di Sumatera Tumbang
Kondisi bangunan STO Telkom yang telah dipadamkan (dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kebakaran terjadi di area gedung High Performance Back Bone (HPBB) PT Telkom di Kota Pekanbaru, Riau. Insiden itu mengakibatkan lumpuhnya jaringan telekomunikasi bagi pelanggan Telkom di wilayah Sumatera dan Kepulauan Riau.

Melansir dari Antara, insiden kebakaran terjadi sekitar pukul 14.40 WIB pada salah satu fasilitas Sentra Telepon Otomat Telkom (STO). Tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut

Namun, pihak Telkom menyampaikan permohonan maaf atas gangguan layanan yang terjadi akibat insiden tersebut. Di mana layanan layanan Telkomsel khususnya di wilayah Sumatera bagian Utara dan Tengah mengalami gangguan.

"Atas nama manajemen TelkomGroup, kami menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan khususnya yang terdampak atas ketidaknyamanan ini," kata Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo dalam keterangan tertulisnya, Selasa 11 Agustus. 

Terkait penyebab kebakaran masih dalam proses investigasi pihak internal perusahaan. Sementara itu, tim teknisi Telkom, masih berupaya maksimal untuk memulihkan layanan secara keseluruhan agar dapat berjalan normal kembali. 

Gangguan Layanan 

Sejumlah pelanggan jaringan telekomunikasi Telkom dan Telkomsel, di wilayah Sumatera dan Kepulauan Riau kompak mengalami gangguan. Keluhan tersebut juga dirasakan sejumlah konsumen dari Aceh sampai Padang. 

Tak sedikit dari mereka menumpahkan keluh kesahnya di Twitter, dengan me-mention @telkomsel dan telkomcare. Akibatnya tagar Telkomsel menduduki peringkat pertama trending topic di Twitter. 

“Seluruh Kepri terkena dampaknya, sampai ke Lingga, Natuna, Anambas. Saya beruntung ada dua kartu operator, jadi lebih tahu informasi ada gangguan ini," komentar warganet.