Cara Membuat Stiker GIF atau Gambar Bergerak untuk Dipasang di WhatsApp
Cara Membuat Stiker GIF atau Gambar Bergerak untuk Dipasang di WhatsApp (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Stiker GIF atau gambar bergerak sering digunakan oleh pengguna platform media sosial untuk mengekspresikan dirinya. Biasanya GIF yang dikirim merupakan gambar yang sudah dibuat oleh platform yang digunakan seperti aplikasi WhatsApp.

Namun, Stiker GIF atau gambar bergerak yang disediakan terkadang tidak dapat mewakili ungkapan yang ingin Anda sampaikan. Oleh karena itu, sejumlah pengguna kemudian menggantinya dengan stiker biasa.

Padahal, Anda dapat membuat stiker GIF sendiri menggunakan ponsel, dan mengirimkannya kepada teman atau orang yang Anda kenal di kontak WhatsApp Anda. Caranya pun sangat mudah dan praktis.

Jika Anda tertarik untuk membuat stiker GIF sendiri dan digunakan di WhatsApp Anda, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disiapkan tim VOI di bawah ini.

Cara Membuat Stiker GIF untuk WhatsApp

Sebagai catatan membuat Stiker GIF tidak semudah mengunduhnya di aplikasi pihak ketiga. Untuk membuat stiker sendiri menggunakan ponsel, Anda dapat mengunduh aplikasi EZGIF dengan mengunjungi situs resminya.

Setelah mengunjungi situs resmi EZGIG, pengguna akan masuk ke halaman utama dan dapat memilih sejumlah menu. Pilih menu "GIF Maker" yang muncul di layar ponsel Anda, kemudian klik "Choose Files".

Selanjutnya, masukkan media berupa gambar atau video yang ingin dijadikan bahan untuk stiker GIF yang akan Anda buat.

Klik "Don't Slack Frames" untuk menghilangkan background atau latar belakang dari media yang unggah. Jika Anda tidak ingin menghilangkan background di media yang Anda unggah, maka dapat mengabaikan opsi tersebut.

Selanjutnya, sesuaikan kualitas gambar dengan menggunakan opsi Make WebP yang ada di halaman aplikasi EZGIF.

Setelah itu, sesuaikan ukuran file yang digunakan untuk stiker dengan klik opsi "Resize Image", kemudian klik "Make a GIF", untuk membuat stiker yang Anda inginkan.

Setelah selesai melakukan editing, pengguna dapat menyimpan dan unduh stiker GIF yang sudah dibuat. Pengguna pun dapat membuka aplikasi WhatsApp dan mengunduh stiker yang sudah Anda buat pada halaman stiker.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda dapat menggunakan stiker GIF yang Anda buat di aplikasi WhatsApp Anda. Pengguna pun dapat mengirimkannya kepada teman yang ada di kontak Anda.

Itu tadi cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat stiker GIF di ponsel Anda menggunakan aplikasi EZGIF. Namun, jika Anda merasa membuat stiker memakan waktu lama, pengguna dapat mengunduh stiker GIF menggunakan aplikasi pihak ketiga yang disediakan oleh WhatsApp.