Instagram Suntik Mati Threads Mulai Akhir Tahun Ini
Threads merupakan aplikasi perpesanan mandiri atau pendamping Instagram. (foto: dok. Instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Kurangnya minat pengguna pada aplikasi Threads, membuat Meta perusahaan induk Facebook akhirnya memilih untuk menonaktifkan aplikasi perpesanan tersebut.

Threads merupakan aplikasi perpesanan mandiri atau pendamping Instagram, yang pertama kali dibesut pada 2019. Setelah sebelumnya perusahaan menutup aplikasi perpesanan mandiri lainnya, Direct.

Meskipun aplikasi ini memang menawarkan beberapa fitur unik, kebanyakan orang lebih memilih untuk melanjutkan percakapan mereka di aplikasi Instagram yang sebenarnya.

Menurut laporan Techcrunch yang dikutip dari Digital Trends, Kamis, 18 November, aplikasi tidak akan lagi didukung pada akhir Desember 2021. Instagram berencana untuk memberi tahu pengguna Threads dengan pemberitahuan dalam aplikasi yang dimulai pada 23 November.

Nantinya, pengguna akan diarahkan untuk kembali ke Instagram jika mereka ingin mengirim pesan ke teman-teman di masa mendatang.

Data yang diperoleh TechCrunch menunjukkan, Threads memang diinstal 13,7 juta pengguna secara global dari App Store dan Google Play, tetapi tidak jelas berapa banyak dari mereka yang mengunduh Threads dan benar-benar terus menggunakannya. Peringkatnya juga tidak baik, dengan banyak keluhan tentang desain aplikasi, fitur yang hilang, dan bug.

Namun, dengan munculnya aplikasi Messenger dan Instagram yang dapat dioperasikan tidak lama setelah rilis Threads, penggemar Instagram memiliki alternatif yang jauh lebih baik.

Seketika keberadaan Threads tenggelam setelah itu, terutama karena perusahaan terus meluncurkan lebih banyak fitur ke Instagram dan meninggalkan Threads.

Dengan demikian, Meta menyatakan bahwa begitu dukungan untuk Threads berakhir, pengguna akan keluar secara otomatis dan aplikasi tidak akan lagi tersedia di App Store atau Google Play. Kemudian, secara bersamaan semua fitur Threads akan tersedia di aplikasi utama Instagram.