Instagram Uji Coba Sistem Keamanan Akun Verifikasi Wajah
Instagram dirumorkan tengah menguji fitur keamanan baru. (Foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Instagram dirumorkan tengah menguji fitur keamanan baru yang biasa digunakan pada ponsel, yakni sistem verifikasi wajah melalui video selfie.

Menurut laporan yang diunggah konsultan media sosial, Matt Navarra, verifikasi anyar ini tentu saja membutuhkan wajah pengguna dari berbagai sudut, untuk memastikan bahwa mereka adalah pemilik asli akun dan benar manusia bukan bot.

Laporan dari XDA Developers, yang dikutip dari The Verge, Rabu, 17 November, sejatinya perusahaan telah menguji fitur tersebut tahun lalu tetapi mengalami masalah teknis.

Namun, beberapa pengguna baru-baru ini melaporkan telah diminta untuk mengambil video selfie guna memverifikasi akun mereka. Seperti pengguna Twitter @bettinamak yang mengunggah tangkapan layar di Twitter-nya.

Dia @bettinamak, diminta untuk mengambil video selfie, dan fitur tersebut harus memperlihatkan semua sudut wajahnya, untuk membuktikan bahwa dia adalah orang asli.

Sayangnya, langkah ini mungkin mengejutkan, mengingat pengumuman Meta belum lama ini akan mematikan salah satu fitur Pengenalan Wajahnya. Namun, seperti yang telah ditegaskan kembali oleh perusahaan, itu hanya mematikan fitur Facebook tertentu, bukan penggunaan pengenalan wajah milik Meta secara keseluruhan.

Menanggapi hal tersebut, Instagram melalui Twitter resminya menjelaskan lebih rinci bagaimana fitur ini akan bekerja. Mereka akan meminta akun yang memiliki perilaku mencurigakan untuk verifikasi video selfie. Misalnya saja, akun yang mengikuti banyak akun lain dengan cepat.

Perusahaan juga menegaskan bahwa fitur ini tidak menggunakan pengenalan wajah, tetapi tim Instagram akan meninjau video tersebut secara teliti, dan video selfie dari pengguna juga akan dihapus setelah 30 hari.