Cara Menggunakan Fitur <i>Take a Break</i> Instagram untuk Menjaga Kesehatan Mental
Cara Menggunakan Fitur Take a Break Instagram l (Freepick)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Instagram terus melakukan perbaikan aplikasi seiring isu kesehatan mental yang dialami oleh banyak pengguna akibat terlalu sering bermain media sosial. Salah satu fitur terbaru yang dirili adalah Take a Break atau istirahat.

Fitur Take a Break memungkinkan pengguna untuk berhenti sejenak menggunakan media sosial mereka, salah satunya Instagram supaya tidak mengalami gangguan kesehatan yang fatal.

Dalam cuitan di akun Twitter pribadinya CEO Instagram Adam Mosseri, menyebut Instagram sedang melakukan uji coba fitur Take a Break, yang memungkinkan pengguna media sosial mengontrol waktu mereka.

Apabila uji coba yang dilakukan berhasil maka fitur tersebut akan dirilis secara resmi pada bulan Desember 2021, dan dapat digunakan oleh semua pengguna.

Adapun cara kerja fitur Take a Break di Instagram adalah mengingatkan pengguna yang sudah bermain Instagram selama berjam-jam dan menyarankan untuk istirahat. Selama masa istirahat, pengguna akan ditawarkan untuk memutar lagu atau hal lain yang membuat rileks.

Selain itu, dengan fitur tersebut Anda juga dapat mengatur berapa lama waktu yang akan Anda gunakan untuk bermain Instagram. Apabila Anda sudah mencapai batas waktu yang sudah ditentukan maka peringatan akan muncul di halaman akun Anda.

Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, tim VOI telah merangkum langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan fitur Take a Break Instagram.

Cara Aktifkan Fitur Take a Break Instagram

Langkah pertama untuk mengaktifkan fitur Take a Break adalah membuka aplikasi Instagram yang ada di perangkat Anda. Sebelumnya, pengguna harus mengupdate Instagram ke versi terbaru di Google Play Store atau Apps Store.

Setelah membuka aplikasi Instagram, Anda dapat menggunakannya terlebih dahulu seperti melihat status teman atau mencari informasi lain yang Anda suka di Instagram.

Nantinya, akan muncul kolom pop-up "Want a Break?" yang menanyakan apakah Anda ingin istirahat sejenak. Jika Anda memilih untuk mengaktifkannya, pilih kolom aktifkan yang ada di bawah pop-up tersebut.

Selanjutnya, Anda akan masuk ke jendela baru untuk mengisi beberapa detail menu yang harus Anda masukkan.

Anda akan diminta untuk menentukan durasi yang ingin Anda gunakan untuk menggunakan Instagram kemudian istirahat dari aktivitas media sosial.

Setelah itu, klik Submit di bagian bawah. Saat fitur Take a Break aktif, akan muncul beberapa panduan mengenai aktivitas yang dapat Anda gunakan, salah satunya mendengarkan musik.

Dengan demikian, pengguna dapat lebih rileks saat menggunakan media sosial seperti Instagram dan terhindar dari masalah kesehatan mental.

Terkait