Cara Menampilkan Fitur Tindakan di Instagram Bisnis untuk Mempermudah Jualan
Cara Menampilkan Fitur Tindakan di Instagram Bisnis untuk Mempemudah Jualan (ItaliaOnline)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Platform media sosial Instagram memiliki fitur "Tindakan" yang dapat digunakan penjual untuk mempermudah follower atau pengguna Instagram lain membeli produk yang mereka promosikan.

Penjual yang memiliki akun Instagram Bisnis pun dapat lebih mudah untuk bertransaksi dan menemukan calon pembali dengan mengaktifkan fitur "Tindakan" yang muncul di halaman profil Instagram Anda.

Dengan fitur "Tindakan" pelanggan atau calon pembeli Anda dapat dengan mudah melakukan pemesanan produk yang Anda jual, baik makanan atau produkk lainnya dengan menekan tombol "Pesan Sekarang" yang muncul di halaman profil Anda.

Setelah menekan menu tindakan yang Anda buat di halaman profil, maka pengguna Instagram akan dialihkan ke aplikasi e-Commerce atau layanan pesan antar yang terintegrasi dengan akun Instagram Anda.

Apabila pengguna memiliki akun Instagram Bisnis, Anda dapat mengaktifkan fitur "Tindakan" dengan mudah. Anda pun dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini.

Aktifkan Fitur Tindakan di Instagram

Fitur tindakan sendiri merupakan layanan terbaru Instagram yang dapat digunakan oleh pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan. Pengguna pun dapat memberi nama pada menu "Tindakan" yang ditampilkan di profil Anda.

Untuk mengaktifkannya, pengguna dapat masuk ke akun Instagram di smartphone Anda, kenudian masuk ke menu profil. Jika Anda menggunakan Instagram biasa, pengguna dapat mengupgrade ke Instagram Bisnis terlebih dahulu.

Jika Instagram Anda sudah diupgrade ke akun bisnis, pengguna dapat mengaktifkan fitur "Tindakan" dengan klik menu "Edit Profil", kemudian gulir ke bawah sampai menemukan ikon "Tombol tindakan".

Pengguna dapat memilih ikon tersebut, dan ubah pengaturannya dari "Tidak Aktif" menjadi "Aktif". Dalam ikon tersebut terdapat pilihan menu yang dapat Anda tampilkan di halaman profil Anda, seperti menu "Pesan Makanan" dan sebagainya.

Selanjutnya pengguna dapat mengintegrasikan Instagram Bisnis dengan layanan pesan antar atau toko e-Commerce yang Anda miliki. Caranya, Anda dapat masuk ke layanan pesan antar atau toko yang Anda miliki di aplikasi tertentu, kemudian salin link tautan ke kolom yang telah disediakan.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka secara otomatis akan muncul menu "Pesan Sekarang" di halaman profil Instagram Bisnis milik Anda, yang dapat digunakan oleh para follower atau pengguna Instagram lain untuk memesan produk Anda.

Demikian adalah cara mengaktifkan fitur "Tindakan" di aplikasi Instagram untuk mempermudah penjual dalam mempromosikan produk dagangannya kepada calon pembeli.