Pabrik Robot Kebanjiran Pesanan, Tapi Butuh Tenaga Manusia untuk Mempercepat Produksi
Pabrik robot di Amerika Utara masih butuh tenaga manusia untuk percepat produksi. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA  - Perusahaan atau pabrik di Amerika Utara terus menambahkan rekor jumlah penjualan robot dalam sembilan bulan pertama tahun 2021. Saat ini mereka bergegas mempercepat jalur perakitan dan berjuang untuk menambah pekerja manusia.

Pabrik dan pengguna industri lainnya memesan 29.000 robot, 37% lebih banyak dibandingkan periode yang sama tahun lalu, senilai 1,48 miliar dolar AS (Rp 21 triliun), menurut data yang dikumpulkan oleh kelompok industri Association for Advancing Automation. Jumlah itu melampaui puncak sebelumnya yang ditetapkan pada periode waktu yang sama pada tahun 2017, sebelum pandemi global menjungkirbalikkan ekonomi.

Terburu-buru untuk menambahkan robot adalah bagian dari peningkatan investasi yang lebih besar karena perusahaan berusaha untuk memenuhi permintaan yang kuat, yang dalam beberapa kasus telah berkontribusi pada kekurangan barang-barang utama.

Pada saat yang sama, banyak perusahaan telah berjuang untuk menarik kembali pekerja yang terlantar akibat pandemi dan memandang robot sebagai alternatif untuk menambahkan tenaga manusia di jalur perakitan mereka.

"Bisnis tidak dapat menemukan orang yang mereka butuhkan - itulah sebabnya mereka berlomba untuk mengotomatisasi," kata Jeff Burnstein, presiden Association for Advancing Automation, yang dikenal sebagai A3 seperti dikutip Reuters.

Robot juga terus mendorong ke lebih banyak sudut ekonomi. Perusahaan otomotif telah lama membeli sebagian besar robot industri. Namun pada tahun 2020, penjualan gabungan untuk jenis bisnis lain melampaui sektor otomotif untuk pertama kalinya - dan tren itu berlanjut tahun ini.

Dalam sembilan bulan pertama tahun ini, pesanan yang berhubungan dengan mobil untuk robot tumbuh 20% menjadi 12.544 unit, menurut A3, sementara pesanan oleh perusahaan non-otomotif meningkat 53% menjadi 16.355.

"Bukannya otomotif melambat - otomotif justru naik," kata Burnstein. Tetapi sektor lain - dari logam hingga produsen makanan - tumbuh lebih cepat.

Perusahaan milik John Newman adalah salah satunya. Athena Manufacturing, yang melakukan fabrikasi logam untuk pabrikan lain di Austin, Texas, kini memiliki tujuh robot, termasuk empat yang dipasang tahun ini.

Ia membeli mesin pertamanya pada 2016. Newman mengatakan robot telah membantu Athena Manufacturing menanggapi lonjakan permintaan, termasuk lonjakan 50% dalam pesanan suku cadang yang digunakan oleh produsen peralatan semikonduktor.

Mesin-mesin itu juga memungkinkan Athena Manufacturing untuk melakukan operasi 24 jam untuk pertama kalinya sejak tahun lalu, katanya. Perusahaan tersebut mempekerjakan 250 orang tetapi akan terus berjuang, untuk menemukan pekerja manusia untuk mengisi shift malam yang tidak populer.