Kenali Kode Kesalahan Website, Apa Arti 404 dan 503?
404 Ini merupakan kode salah satu kesalahan paling umum . (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Ketika Anda sedang mengakses sebuah situs terkadang muncul "404 Page Not Found". Kemudian situs tersebut tidak dapat lagi diakses atau muncul kode lainnya seperti 503. Namun, apakah arti dari semua ini?

Semua kode tersebut merupakan suatu kode Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Ini merupakan sistem yang digunakan untuk mengatur cara pengiriman data antara dua perangkat, seperti server internet dan komputer.

Sebelum data terkirim, server akan mengirimkan sejumlah HTTP Header, ini merupakan status mengenai alamat web yang diakses. Jika laman web yang diminta tidak tersedia, maka akan muncul kode 404.

Nah untuk itu, berikut VOI jabarkan beberapa kode yang sering muncul saat Anda mengakses situs, seperti dikutip dari CNET, Senin, 8 November.

404

Ini merupakan kode salah satu kesalahan paling umum yang sering Anda lihat, artinya laman tidak dapat ditemukan. Saat ini, beberapa situs akan mendesain halaman kode kesalahannya dengan gambar anak anjing, tautan ke halaman lain, atau ilustrasi lucu untuk menghibur Anda saat situs tidak dapat diakses.

Untuk memperbaikinya, Anda harus memeriksa ulang URL apakah Anda salah ketik dan coba lagi. Jika Anda mengetik URL dengan benar dan Anda masih belum beruntung, halaman tersebut mungkin telah dipindahkan atau dihapus.

503

Anda mungkin akan melihat pesan "503 Service Unavailable" ketika server situs web sedang down, jadi Anda tidak akan dapat mengakses situs tersebut sampai situs diperbaiki. Kemungkinan alasan kesalahan meliputi server situs mungkin sedang tidak aktif karena pemeliharaan, terlalu banyak orang yang mengakses sehingga menyebabkan situs kelebihan beban, situs mungkin memiliki bug, atau seseorang yang ingin menimbulkan masalah telah membuat situs offline.

Anda tidak akan dapat mengakses situs saat aktif, jadi solusinya Anda hanya perlu mencoba lagi nanti beberapa menit untuk melihat apakah masalah server telah teratasi.

400

Saat Anda mengunjungi situs di Google Chrome, Anda akan mendapatkan pesan, "Halaman ini tidak berfungsi saat ini" bersama dengan beberapa panduan tentang menghubungi administrator situs web.

Biasanya, ini disebabkan oleh kesalahan pada Anda. Mungkin ada kesalahan ketik pada URL, server mungkin tidak memahami permintaan Anda, atau file yang Anda coba unggah terlalu besar. Coba bersihkan cache Anda terlebih dahulu dan periksa URL untuk kesalahan ketik. Jika masih tidak berfungsi, ikuti saran Google.

410

Ini adalah status bahwa situs yang Anda kunjungi tidak tersedia. Anda mungkin melihat pesan seperti, "Halaman ini tidak ada" atau "Halaman dihapus atau hilang". Tidak ada masalah pada Anda, Anda mengunjungi halaman yang tepat, tetapi administrator situs web mungkin telah menghapusnya untuk selamanya.

451

Kode ini memblokir Anda agar tidak melihat URL karena berbagai alasan hukum atau telah terjadi pelanggaran. Menurut halaman sumber pengembang dari Mozilla, individu atau organisasi mungkin telah mengajukan tuntutan hukum untuk menghapus konten atau halaman tersebut mungkin diblokir karena sensor pemerintah.

Anda akan melihat penjelasan hukum di halaman dengan kode status, tetapi itu tidak selalu terlihat. Jika Anda bertekad untuk melihat kontennya, Anda mungkin bisa melakukannya dengan beberapa taktik, seperti menggunakan VPN atau server proxy yang berfungsi sebagai alat untuk melewati batasan server.

301

Anda mungkin pernah mendengar tentang "pengalihan 301" tetapi mungkin belum pernah melihat kode ini ditampilkan di situs. Anggap saja sebagai transisi mulus dari satu URL lama ke URL baru, seperti meneruskan email Anda. Anda masih harus melihat halaman web yang Anda inginkan, tetapi kemungkinan memiliki URL yang berbeda dari yang Anda masukkan. Ini cukup unik, bahkan jika Anda menggunakan URL lama, Anda akan tetap secara otomatis dialihkan ke yang baru. Tandai URL baru untuk referensi di masa mendatang.

Perhatikan Kesalahan Situs Dimulai dari Kode

Perlu dicatat, sebagian besar kesalahan klien dimulai dengan kode 4. Anda harus memperbaiki sesuatu sebelum melanjutkan. Misalnya, kode 403 mungkin berarti halaman tersebut dilarang, atau administrator web membatasi akses ke halaman tersebut. Anda harus pergi ke halaman atau situs lain.

Biasanya, jika ada kesalahan, Anda harus melakukan salah satu dari hal ini.

  1. Restart komputer, modem atau router Anda.
  2. Periksa URL untuk kesalahan ketik.
  3. Kunjungi URL yang berbeda.

Terkadang, tindakan lain mungkin diperlukan, seperti Anda harus membayar untuk melihat konten yang dilindungi undang-undang atau, jika Anda terus-menerus mengklik tombol, Anda hanya perlu menunggu dengan sabar karena permintaan tidak diproses dengan cukup cepat.

Jika kesalahan dimulai dengan kode 5, itu masalah server dan mungkin tidak banyak yang dapat Anda lakukan. Coba hubungi dukungan situs web untuk memberi tahu mereka bahwa Anda mendapatkan kesalahan server.