<i>Preview</i> Final UCL Manchester City vs Inter Milan: Mampukah Nerazzurri Hentikan Laju <i>The Citizen</i> yang Tengah Bernafsu Raup <i>Treble</i>?
Foto: Dok. Instagram @championsleague

Bagikan:

JAKARTA - Laga final Liga Champions Eropa 2022/2023 antara Manchester City melawan Inter Milan akan digelar dini hari nanti. Ini adalah duel pertama antara kedua tim di ajang kompetitif.

Pertemuan kedua tim di partai puncak ajang paling bergengsi ini akan berlangsung di Ataturk Olympic Stadium, Istanbul, Turki, Minggu, 11 Juni 2023. Kick off pertandingan dimulai pukul 02.00 WIB.

Lokasi laga dini hari nanti delapan belas tahun silam menjadi tempat ajaib buat Liverpool. Wakil Inggris tersebut yang membuat comeback sensasional untuk mengalahkan wakil Italia, AC Milan.

Oleh karena itu, City tentu berharap tuah Stadion Ataturk bagi wakil Inggris di saat mereka memburu treble untuk menutup musim yang luar biasa. Pasukan Pep Guardiola itu datang ke laga malam nanti dengan modal dua trofi, yakni Liga Premier Inggris dan Piala FA.

Dengan demikian, jika meraih trofi Liga Champions Eropa dini hari nanti maka City akan melengkapi tiga gelar besar dalam semusim (treble). Catatan itu akan mengikuti jejak rival sekota mereka Manchester United.

Di sisi lain Nerazzurri memainkan final dini hari nanti untuk mencari gelar kedua mereka. Pasukan asuhan Simone Inzaghi itu sebelumnya sudah menambah trofi Coppa Italia ke dalam almari koleksi mereka.

City sendiri mencapai final setelah melibas juara bertahan Real Madrid 5-1 dalam dua leg di babak semifinal. Sementara itu, Inter lolos dengan kemenangan agregat 3-0 atas tim sesama penghuni San Siro, yakni AC Milan.

Guardiola telah memimpin timnya yang luar biasa untuk secara konsisten berjaya di pentas domestik. Akan tetapi, ia masih mencari penghargaan Liga Champions Eropa yang memang sama sekali belum didapat City dalam sejarah klub.

Sebelumnya, juru taktik asal Spanyol itu pernah membawa The Citizen ke final ajang ini di musim 2020/2021. Namun, pada saat itu mereka gagal menjadi juara setelah kalah di final melawan wakil Inggris lainnya, Chelsea.

Di sisi lain, Inter hadir di laga pagi nanti untuk mencari gelar keempat mereka di ajang kasta teratas antarklub Eropa ini. Inter telah melewati 13 musim tanpa kemenangan di Liga Champions Eropa sejak 2010.

Skuat asuhan Inzaghi akan melenggang ke babak final Liga Champions Eropa sebagai tim keempat yang berhasil mencapai babak final setelah kalah di laga pembuka turnamen.

Catatan itu membuat mereka mengikuti jejak Milan pada tahun 1994/1995, Bayern Munchen pada tahun 1998/1999, dan Tottenham pada musim 2018/2019. Namun, ketiga tim tersebut akhirnya gagal meraih trofi.

Perkiraan Formasi

Manchester City (3-2-4-1): Ederson; Walker, Dias, Akanji; Stones, Rodri; Silva, Gundogan, De Bruyne, Grealish; Haaland.

Inter Milan (3-5-2): Onana; Darmian, Acerbi, Bastoni; Dumfries, Barella, Mkhitaryan, Calhanoglu, Dimarco; Martinez, Dzeko.