Kelebihan dan Kekurangan Beli Kendaraan Bekas di Balai Lelang yang Harus Diketahui Sebelum Membeli
Ilustrasi tempat lelang kendaraan (Dok. Afrizal Abdul Rahman/VOI)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pembeli kendaraan di balai lelang baik berupa mobil bekas atau motor bekas harus mempertimbangkan banyak hal sebelum melakukan transaksi. Tidak hanya mempertimbangkan kondisi kendaraan, calon pembeli juga harus tahu kelebihan dan kekurangan beli kendaraan bekas di balai lelang.

Dengan mengetahui kelebihan maupun kekurangan membeli kendaraan setengah pakai di tempat lelang maka calon pembeli akan meminimalisir hal-hal tak terduga yang merugikan.

Kelebihan dan Kekurangan Beli Kendaraan Bekas di Balai Lelang

Balai lelang biasanya menyediakan kendaraan yang bisa dibeli, baik berupa kendaraan roda dua maupun roda empat. Tempat pelelangan kendaraan memang kadang jadi rujukan masyarakat yang membutuhkan kendaraan karena sejumlah kelebihan.

Kelebihan Membeli Kendaraan Bekas di Tempat Lelang

Ada beberapa kelebihan yang akan dirasakan oleh pembeli kendaraan di tempat lelang, baik dari segi kendaraan, keamanan, maupun pembayaran. Adapun kelebihannya adalah sebagai berikut.

  1. Pilihan Lebih Variatif

Tempat lelang biasanya memiliki banyak stok kendaraan bekas yang bisa dipinang, mulai kendaraan roda dua, roda empat, bahkan kendaraan angkut seperti pickup. Stok kendaraan juga tidak melulu keluaran lama, ada pula kendaraan keluaran baru dengan berbagai kondisi. Calon pembeli bisa menyesuaikan kebutuhan, selera, dan dana yang dimiliki sebelum membeli.

  1. Transaksi Lebih Cepat

Transaksi pembelian kendaraan di tempat lelang lebih cepat dibanding membeli kendaraan dari personal. Setelah calon pembeli memutuskan item kendaraan yang akan dibeli, maka pembayaran bisa segera diselesaikan. Proses pelunasan juga cepat tergantung aturan balai lelang. Sistem ini sangat cocok untuk Anda yang butuh kendaraan cepat untuk operasional.

  1. Legalitas Kendaraan Aman

Kelebihan lain saat beli kendaraan di tempat lelang adalah keamanan terkait legalitas seperti BPKB kendaraan.  Balai lelang legal tidak akan menawarkan kendaraan bodong sehingga calon pembeli tak perlu was-was jadi korban penipuan kendaraan bodong.

  1. Harga Kendaraan Bisa Lebih Murah

Keuntungan lain beli kendaraan di balai lelang adalah pembeli bisa mendapatkan kendaraan dengan harga di bawah pasaran. Tak heran jika banyak makelar kendaraan yang berburu mobil atau motor untuk dijual lagi.

  1. Tempat Lelang Bisa Dijangkau dengan Mudah

Biasanya pelelangan digelar di pusat kota atau area yang ramai sehingga calon pembeli bisa menjangkaunya dengan mudah. Berbeda dengan membeli kendaraan dari pemilik pribadi yang alamatnya bisa berada di plosok.

Kekurangan Beli Kendaraan Bekas di Tempat Lelang

Meski memiliki sejumlah kelebihan, calon pembeli juga harus tahu apa saja yang jadi kekurangan saat membeli kendaraan di tempat lelang yakni sebagai berikut.

  1. Kondisi Kendaraan Tidak Selalu Mulus

Kendaraan yang dilelang di tempat lelang biasanya dijual apa adanya dengan berbagai kondisi. Misalnya, bodi penyok, lampu mati, dan sebagainya. Biasanya pembeli harus melakukan sedikit perbaikan untuk menyempurnakan kondisi kendaraan. Meski begitu, tidak semua kendaraan yang ditawarkan punya kondisi yang kurang, banyak pula kendaraan dengan kondisi mulus.

  1. Mati Pajak atau STNK Hilang

Tidak hanya kondisi, STNK kendaraan biasanya tidak tersedia atau bisa juga kendaraan tidak dipajaki dalam beberapa tahun. Kondisi ini yang membuat kendaraan dijual dibawah harga pasaran. Namun tak perlu khawatir karena banyak biro jasa yang bisa membantu untuk mengurus kekurangan ini.

  1. Harga Kendaraan Bisa Lebih Mahal

Balai lelang mobil maupun sepeda motor tidak selalu menjual kendaraan di bawah harga pasaran. Hal ini wajar terjadi pada beberapa kondisi, misal mobil tipe tertentu yang sedang banyak diburu dan masih banyak lagi.

  1. Harus Cash

Pembeli kendaraan harus menyediakan uang tunai saat melakukan pembayaran. Selain itu pembayaran juga harus lunas. Pembayaran tidak bisa dilakukan dengan metode selan tunai seperti cek atau transfer. Pembeli juga harus membayar uang jaminan atau mendepositkan sejumlah uang dengan nominal yang sudah ditentukan.

  1. Tidak Bisa Test Drive

Kekuanganlainnya adalah calon pembeli tidak bisa melakukan test drive. Calon pembeli hanya bisa melakukan pengecekan secara fisik dengan cara datang langsung ke tempat pelelangan.

 Itulah informasi terkait kelebihan dan kekurangan beli kendaraan bekas di balai lelang. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.